Tanah Labil, Jalur Wisata Bromo di Penanjakan Longsor

PASURUAN-PANTURA7.com, Akses wisata Gunung Bromo melalui jalur Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan mengalami longsor pada Kamis (28/12/2017) sekitar pukul 19.10 WIB. Titik longsor terjadi di tebing jalan Desa Podokoyo, yang merupakan jalur penghubung menuju Bukit Penanjakan di wilayah Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, material longsor menutup jalur penghubung antar desa itu, sehingga kendaraan tidak bisa melintas. Padahal, untuk menikmati ‘sunrise’ di Bukit Penanjakan, warga ataupun wisatawan harus mengendarai jeep melalui jalur ini.

Musibah longsor yang diduga akibat labilnya tekstur tanah di kawasan wisata itu, diluar prediksi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ataupun Muspika setempat. Pasalnya, hujan yang turun sehari sebelumnya tak begitu lebat dan tanpa disertai angin kencang.

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan proses pembersihan material longsor, agar jalur alternatif itu bisa dilalui kembali. Selain itu, pihaknya juga telah menerjunkan alat berat ke lokasi.

“Memang terjadinya longsor semalam, dari tebing berketinggian 10 meter dan lebar 10 meter. Saat ini warga bersama petugas sudah melakukan pembersihan material,” ujarnya Jum’at (29/12/2017) melalui sambungan seluler. (ata/arf)

Baca Juga  Sopir Mengantuk, Fuso Sasak Median Jalan di Kraksaan

Baca Juga

Tebing Piket Nol Kembali Longsor, Jalur Lumajang – Malang Kembali Ditutup

Lumajang,- Jalur Piket Nol di KM 54 Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang kembali ditutup. …