Korban banjir bandang, Lukman (22) saat tiba di kamar jenazah RSUD Tongas, Senin (6/11/2017).

Terseret 60 Km, Korban Banjir Bandang Bromo Ditemukan Tewas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Lukman Suharto (22), wisatawan yang hanyut terbawa banjir bandang lahar dingin Gunung Bromo, ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, Senin (6/11/2017). Jasad korban ditemukan oleh neyalan di perairan utara Desa Tongas Kulon, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, korban ditemukan mengambang sekitar 3 Mil dari bibir pantai sekitar pukul 10.15 Wib. Saat ditemukan, tubuh korban penuh luka bahkan dahinya nyaris robek. Oleh nelayan, jasad pemuda asal Kelurahan/Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo itu dibawa ke pantai.

“Gak sengaja tadi melihat barang yang ngambang, setelah kami hampiri ternyata mayat. Kondisinya sudah meninggal dan langsung kami bungkus dengan plastik,” beber Anshori, salah neyalan setempat yang menemukan jasad korban.

Usai dievakuasi, jasad korban dibawa ke RSUD Tongas untuk menjalani identifikasi, sembari menunggu jemputan pihak keluarga. “Dari ciri-ciri fisik, jasad ini 90% Lukman, wisatawan yang hanyut saat mandi di air terjun Umbulan Sukapura,” tutur Heri Dewa, anggota BPBD Kabupaten Probolinggo di kamar jenazah RSUD Tongas.

Penyebab tewasnya korban, kata Heri, kuat diduga akibat terhempas ke bebatuan sepanjang aliran sungai. Jarak penemuan dengan lokasi awal kejadian, berjarak sekitar 60 kilometer. Hal ini ditambah derasnya arus banjir, yang bercampur material vulkanis sisa erupsi Gunung Bromo.

“Dugaan kami, korban tidak mampu menyelamatkan diri karena langsung terhempas ke bebatuan sungai sesaat setelah terseret arus. Dengan ditemukannya seluruh korban, proses pencarian otomatis kami hentikan,” tandas Heri.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, 4 wisatawan hilang terseret saat tengah berwisata di air terjun Umbulan Sukapura. Dua orang berhasil selamat, yakni Zainul Arifin (22) dan Ahmad Bashori (15). Sementara dua korban tewas adalah Ferdiansyah (14) dan Lukman Suharto (22). (guf/ela).

Baca Juga  Ditinggal Pemilik, Rumah di Candi Terbakar

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …