Warga Menghadang truk pengangkut material Proyek SPAM Umbulan di Pasuruan, Jum'at (20/10/2017).

Picu Kerusakan Jalan, Warga Hadang Truk Proyek SPAM Umbulan

PASURUAN-PANTURA7.com, Puluhan warga Dusun Kedungwaru, Desa Sedipan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, melakukan penghadangan terhadap truk pengangkut material tanah untuk Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, Jum’at (20/10/2017).

Massa menolak kendaraan besar itu melintasi jalan perkampungan, karena dianggap merugikan warga. Pasalnya, selain jalan desa mudah rusak, warga juga keberatan material yang diangkut mennyebabkan debu bertebaran sehingga menyebabkan polusi udara.

“Kami sudah mencoba mendiskusikan hal ini dengan pihak pemerintahan desa, namun gak ada hasilnya. Jalan desa rusak, polusi dimana-mana, bahkan kegiatan usaha juga terganggu. Kalau sudah begini, siapa yang bertanggung jawab,” geram Muhammad, salah satu warga setempat.

Aksi penolakan warga tak main-main, mereka bahkan bergerombol di badan jalan yang menjadi akses masuk menuju Proyek SPAM Umbulan. Massa juga membentangkan spanduk penolakan. “Untuk sementara, kami minta proyek Umbulan dihentikan dulu sebelum ada tanggung jawab, baik dari pengelola proyek atau pihak desa,” ujarnya Muhamad.

Tak ingin aksi warga berbuntut panjang, Muspika Kecamatan Winongan dan pihak desa kemudian membujuk warga untuk melakukan mediasi dengan menejemen PT. Cipta Panji Manunggal (CPM), selaku kontraktor pelaksana Proyek SPAM Umbulan di balai desa setempat.

Dalam dialog itu, PT. CPM mengaku bahwa tuntutan warga mayoritas diluar kewenangan mereka. Pasalnya, PT. CPM hanya melakukan kontruksi proyek yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Namun pihak kontraktor berjanji akan menyampaikan aspirasi warga kepada perusahaan.

“Kami hanya pelaksana yang mengerjakan pekerjaan sesuai ketentuan dari perusahaan. Tuntutan warga ini diluar kewenangan kami, namun kami akan sammpaikan keluhan warga kepada perusahaan. Yang jelas, tidak ada intimidasi dari kami,” kata Harun, perwakilan dari menejemen PT. CPM yang datang menemui massa. (ata/ela).

Baca Juga  Kepergok Cuti Motor, Kakak Beradik Dihajar Massa di Grati

Baca Juga

Kurang dari 2 Jam, Gunung Semeru Erupsi Empat Kali

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, alami empat kali erupsi, Senin (13/5/24/) dinihari. …