Petugas gabungan melakukan pembersihan material longsor di Tiris, beberapa hari lalu.

Jelang Musim Hujan, Ini Kawasan Rawan Longsor di Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 9 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, terdeteksi sebagai kawasan rawan longsor. Sembilan kecamatan itu adalah Kecamatan Lumbang, Sukapura, Sumber, Gading, Pakuniran, Kuripan, Tiris, Kotaanyar, dan Krucil.

Kawasan rawan bencana longsor ini diketehui seetelah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan pemetaan. Pasalnya, musim hujan yang sudah didepan mata, berpotensi menimbulkan longsor di sejumlah daerah dataran tinggi.

“Semua kawasana rawan bencana longsor, merupakan daerah di dataran tinggi. Di sana, banyak tebing yang mudah longsor saat hujan turun,” kata Anung Widiarto, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/10/2017).

Sebagai rencana tindak lanjut, kata Anung, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, yakni Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan Dinas Pemukiman, Kawasan Perumahan dan Pertanahan untuk mencegah terjadinya tanah longsor.

“Kalau kami kan sifatnya kedaruratan, soal insfratruktur itu kewenangan dinas PU. Hanya saja kami telah menyiapkan beberapa alat untuk pertolongan pertama kebencanaan sebagai respon reaksi cepat saat bencana terjadi,” tuturnya.

Sementara untuk antisipasi bencana, pihaknya menurut Anung, telah melakukan berbagai persiapan, seperti, pemetaan daerah yang rawan longsor dan menyiapkan alat untuk pertolongan pertama kebencanaan. “Kami juga menggelar apel kesiapan peralatan beberapa waktu yang lalu. Apel ini untuk melihat alat apa saja yang bisa digunakan saat terjadi bencana,” terang Anung.

Langkah lain dari BPBD, kata Anung, yakni melakukan kontigensi dengan beberapa aparat untuk sama-sama bertindak ketika keadaan darurat. “Kontigensi ini adalah upaya kerjasama dengan pihak lain untuk melakukan aksi saat ada bencana. Seperti kepolisian, Kodim, dan Pemkab, termasuk membentuk desa tanggu bencana,” tutupnya. (em/ela).

Baca Juga  Pol PP Gerebek 2 Warung Remang-remang Penyedia Purel di Besuk

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …