Atasi Kelangkaan Air Bersih, Polresta Probolinggo Lakukan Pipanisasi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kelangkaan air bersih yang melanda ratusan kepala keluarga (KK) di Dusun Pelangkerep, Desa Sumberkare, Kecamatan Wonomerto, membuat jajaran Polresta Probolinggo tergerak untuk melakukan aksi sosial.

Buntutnya, korps coklat yang biasa melayani masyarakat dalam ketertiban dan keamanan lingkungan ini, melakukan pemasangan saluran pipa air bersih. Sekitar 130 personel bahu membahu bersama warga setempat, melakukan pipanisasi saluran air, Selasa (10/10/2017).

Pemasangan pipa saluran air bersih ini, guna membantu warga setempat yang mengalami kesulitan air bersih selama musim kemarau melanda kawasan tersebut. Pipa-pipa dipasang, sejauh 500 meter dari tandon terdekat.

“Misi kemanusiaan ini merupakan ide dari Pak Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal. Dengan saluran pipa air bersih, harapannya warga tidak lagi mengalami kesulitan air bersih, terutama saat kemarau seperti saat ini,” tutur Kompol Djumadi, Wakapolresta Probolinggo, di lokasi.

Selanjutnya, jelas Djumadi, pipa saluran tersebut akan berujung pada tandon air berkapasitas 1.100 liter, yang dipasang disejumlah titik. Selama ini, warga desa setempat mengalami kesulitan air bersih, terutama untuk memasak, minum dan mandi serta minum ternak.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi solusi jangka panjang, agar warga tidak lagi mengambil air dari rembesan daerah aliran sungai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari,” tandasnya.

Pembangunan saluran air ini, tak ayal disambut gembira oleh warga. Selain mengurangi beban hidup mereka, bantuan ini juga dapat memenuhi kebutuhan air bersih sebanyak 200 KK. “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada kepolisian yang peduli dengan nasib kami. Semoga bantuan ini, tidak sampai disini saja,” harap Nur Khotib, salah satu warga setempat. (guf/ela).

Baca Juga  Kabupaten Probolinggo Produksi 1.400 Ton Sampah per Bulan

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …