Jamaah Aboge di Desa Sumber Wuluh Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo gelar sholat Iedul Adha, Minggu (3/9/2017)

Hari Ini, Jamaah Aboge Probolinggo Rayakan Iedul Adha

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jika mayoritas umat islam telah merayakan Iedul Adha pada Jum’at (1/9/2017) kemarin, maka Jamaah Aboge di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, baru merayakannya Minggu (3/9/2017) pagi.

Jamaah laki-laki melaksanakan Sholat Ied berjamaah di Mushollah Al-Barokah, sementara jamaah wanita dengan khusyu’ menggelar sholat di halaman musholla. Tidak nampak raut kesedihan atau rasa minder karena melakukan sholat dibelakang umat islam lainnya.

Zainal Alim (48), salah satu jamaah Aboge menuturkan, setiap tahun ia melaksanakan Sholat Ied dengan selisih satu hingga dua hari dengan umat islam yang lain. Namun hal ini tak membuatnya risih atau mendapat hujatan dari masyarakat diluar komunitas ini.

“Tidak ada pertentangan dengan kelompok islam atau agama lain, padahal kami disini hidup berdampingan dengan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah hingga umat Kristiani. Inilah Indonesia, meski berbeda kami tetap saling menghormati,’ ujar Zainal.

Kyai Buri Mariyah (72), tokoh agama yang menjadi panutan jamaah Aboge menjelaskan, dalam menetapkan Hari Raya Iedul Fitri dan Iedul Adha, pihaknya mempunyai perhitungan sendiri. Pedoman jamaa Aboge adalah Kitab Mujarobat, yakni kitab yang yang memadukan kalender tahun hijriyah dengan primbon jawa kuno.

“Pada tahun ini, Jamaah Aboge menetapkan Iedul Adha atau 10 dzulhijjah 1438 Hijriyah pada Minggu Legi (3/9/2017). Kitab Mujarobat ini, menjadi acuan kami sejak puluhan tahun lalu secara turun temurun,” terang Kyai Mariyah kepada PANTURA7.com

Di Kabupaten Probolinggo, jamaah penganut islam Aboge diperkirakan telah mencapai 2.000 jiwa. Mereka tersebar di empat kecamatan, diantaranya Kecamatan Leces, Dringu, Kuripan dan Tegal Siwalan. (guf/ela).

Baca Juga  Begini Kemeriahan Iedul Adha di Kawasan Gunung Bromo

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …