Sholat Iedul Adha Tidak Khusyu’, Warga Keluhkan Jadwal Semipro 2017

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sholat Iedul Adha di Masjid Agung Raudlatul Jannah Kota Probolinggo tahun ini, tak se-khusyu’ tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, jamaah terganggu dengan menjamurnya stand pedagang kali lima (PKL) dan tenda mainana anak-anak di sekitar halaman masjid serta area Alun-alun Kota Probolinggo.

Padahal jalan raya di depan masjid dan Alun-alun, setiap tahun dimanfaatkan jamaah untuk menunaikan sholat Iedul Fitri dan Iedul Adha. Stand PKL dan tenda mainan anak tersebut, merupakan lapak semarak seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2017.

Yoyok, salah satu jamaah Sholat Iedul Adha mengatakan, ia sangat tidak nyaman sholat Ied dengan dikelilingi stand PKL. Selain memecah konsentrasi dalam beribadah, kondisi ini juga mengganggu pemandangan.

“Saya sangat terganggu dengan keberadaan barang-barang mainan dan tenda-tenda besar ini. Menutupi pandangan ke arah masjid Agung, padahal ibadah cuma setahun sekali,” keluh Yoyok, Jum’at (1/9/2017).

Sementara Dewi, jamaah lain, menyesalkan jadwal penyelenggaraan Semipro yang berbarengan dengan Hari Raya Iedul Adha. Menurut ibu muda ini, semestinya Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo bisa menyiasati, agar agenda Semipro tak mengganggu rutinitas warga.

“Saya membawa anak, ya namanya anak kecil lihat tempat mainan langsung bermain, saya akhirnya ga bisa sholat karena mengawasi anak takut terjatuh. Tahun depan, kekacauan kayak gini ga boleh terjadi lagi,” sungut wanita asal Mayangan ini.

Walikota Probolinggo, Rukmini, sebelumnya berjanji bahwa Semipro 2017 akan digelar lebih nyaman, meski tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. “Semipro tahun 2017 lebih melokal, tapi kami akan bikin lebih nyaman bagi warga,” ujar Rukmini saat jumpa pers beberapa waktu lalu.

Agenda Semipro pertama kali digelar pada tahun 2009, sebagai even untuk memparadekan budaya Kota Probolinggo dan mengangkat perekonomian warga sekitar. Untuk tahun ini, Semipro dihelat sejak tanggal 28 Agustus hingga 4 September 2017. (guf/ela). 

Baca Juga  KPU Jatim Fasilitasi Perbaikan Kotak dan Bilik Suara KPU Probolinggo

Baca Juga

Gabung di Kloter 43, CJH Kota Probolinggo Akan Berangkat 21 Mei 

Probolinggo,- Sebanyak 195 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Probolinggo masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) …