Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo tengah memeriksa domba di Desa Sumber Kerang Kecamatan Gending, Kamis (31/8/2017)

Dinas Peternakan : Domba Mati Mendadak Akibat Anjing Liar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Setelah melalui serangkaian proses penelitian, teka teki penyebab kematian puluhan ekor domba secara mendadak di Desa Sumberkerang dan Desa Banyuanyar Lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, mulai terkuak.

Dinas Peternakan KabupatenProbolinggo menyimpulkan, bahwa penyebab kematian puluhan ekor domba itu akibat serangan anjing liar. Kesimpulan didapat setelah petugas melakukan observasi di empat lokasi berbeda, sejak Senin (28/8/2017) kemarin.

“Dari empat lokasi itu, kita menemukan ciri-ciri yang sama, yakni adanya bekas luka seperti sedotan binatang buas dibagian kepala dan ekor. Selain itu, ada kelopak mata domba yang lepas, serta ada bekas gigitan taring di sekitar kandang domba,” ujar drh. Nur Eko Widianto, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Probolinggo, Kamis (31/8/2017).

Kesimpulan ini diperkuat hasil penelitian bahwa domba yang mati negatif antraks, kondisi pakan juga dinyatakan layak konsumsi. Hanya saja, kesimpulan ini sifatnya sementara, “Hail akhirnya, kita menunggu keluarnya hasil penelitian dan uji laboratorium sampel darah dari Balai Penelitian Penyakit Hewan Pemrov Jatim serta Tim Veteriner Wates Jogjakarta,” terang Nur Eko.

Sejauh ini, jumlah domba mati mendadak di dua desa tersebut terus bertambah menjadi 70 dari sebelumnya 56 ekor. Jumlah domba mati terbanyak menimpa domba milik Hasan, warga Dusun Krajan Desa Sumberkerang, sebanyak 45 ekor.

“Punya saya sudah 45 mati, jumlah ini kayaknya akan bertambah karena domba-domba saya sebagiannya terus lemah. Ya gimana lagi, ini musibah. Mudah-mudahan saja ada gantinya,” ratap Hasan pasrah. (em.ela).

Baca Juga  Pemuda Yang Gantung Diri di Pakuniran Dikenal Sebagai Sosok Pendiam

Baca Juga

Memasak Sambil Isi Bensin, Perempuan di Maron Tewas Terbakar

MARON,- Musmiati (50), ibu rumah tangga (IRT) asal Desa Brani Kulon, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo …