Wabub Probolinggo, HA. Timbul Prihanjoko saat meninjau JMF 2017 di Pantai Bentar, Rabu (30/8/2017)

Ribuan Pencari Kerja Sesaki JMF di Pantai Bentar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 2.133 pencari kerja mengikuti Job Market Fair (JMF), yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Probolinggo di pantai wisata Bentar, Kecamatan Gending, Rabu (30/8/2017). JMF yang hanya digelar sehari, diikuti oleh 40 perusahaan dengan 945 lowongan pekerjaan.

Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan, bursa kerja ini digelar untuk menyerap tenaga kerja, khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo. JMF menjadi jembatan potensial bagi perusahaan untuk mencari tenaga kerja. Sementara bagi pencari kerja, JMF adalah kesempatan untuk meniti karir.

“Ini adalah simbiosis mutualisme bagi perusahaan maupun para pencari kerja, dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. Harapannya, angka pengangguran dapat terserap, sehingga taraf ekonomi masyarakat juga terangkat,” tuturnya kepada PANTURA7.com.

Saat ini, menurut Timbul, antara kebutuhan dan peminat kerja sudah tidak seimbang. Indikatornya, setiap tahun tribuan tenaga kerja baru diluluskan oleh sekolah dan akademi. Sementara lapangan kerja sangat minim. Selain itu, mayoritas perusahaan mengutamakan tenaga kerja yang sudah berpengalaman dibanding dengan fress gruadate.

“Saya berharap kriteria tenaga kerja yang dipatok perusahaan tidak terlalu tinggi, sehingga menyulitkan para pencaker. Ini harus menjadi atensi perusahaan, beri kesempatan bagi mereka yang tidak punya pengalaman, kemudian dilatih menjadi tenaga profesional,” kata orang nomor dua di Kabupaten Probolinggo ini.

JMF 2017 ini menjadi lebih spesial, karena dihadiri oleh sejumlah Kepala Dinas di area Tapal Kuda. Mereka diantaranya adalah Kepala Disnaker Kota Probolinggo, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Situbondo.

“Kami mempertemukan pencari kerja dan perusahaan agar pencari kerja mendapat kerja sesuai minat, dan perusahaan mendapat tenaga kerja yang diperlukan. Mudah-mudahan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya,” harap Kepala Disnakertrans Kabupaten Probolinggo, Sigit Sumarsono. (em/ela).

Baca Juga  Ingin Cetak Pemimpin Terbaik, Nasdem Buka Pendataran Bacabup Secara Gratis

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …