Sejumlah warga melihat bangkai puluhan domba yang mati mendadak, Sabtu (26/8/2017)

Geger, Puluhan Domba di Probolinggo Mati Mendadak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo geger, setelah puluhan domba atau yang mereka kenal dengan sebutan kambing mati mendadak, Sabtu (26/8/2017).

Jumlah kematian ternak terbanyak dialami oleh Hasan (47), warga Dusun Krajan, dengan jumlah ternak mati sebanyak 32 ekor, meliputi domba pejantan, indukan hingga anakan. Domba milik karyawan pabrik gula ini ditemukan mati sejak pukul 5.00 Wib.

Menurut Hasan, Sebanyak 40 ekor domba yang mayoritas digembalakan diluar kandang, tiba-tiba menggelepar lalu mati serentak.”Punya saya 32 ekor mati, hanya domba yang diatas kandang yang selamat,” ceritanya kepada PANTURA7.com.

Kematian domba itu, lanjut Hasan, tidak diketahui penyebabnya. Hanya saja, terlihat bekas luka pada bagian mata dan ekor, seperti bekas sedotan. “Kalo dilihat dari lukanya, kami duga karena digigit binatang liar sejenis anjing hutan,” tandas Hasan.

Sementara dari pendataan Pemerintah Kecamatan Gending, di Desa Sumberkerang terdapat tiga dusun yang melaporkan kematian domba secara mendadak. Selain itu, juga terdapat laporan dari warga Desa Banyuanyar Lor dengan jumlah domba mati sebanyak 56 ekor.

“Data yang kita kantongi ada 56 domba yang mati, dari dua desa. Untuk sementara belum diketahui penyebab pastinya, bangkai domba ini nantinya akan kita bakar lalu dikubur untuk mencegah virus atau penyebaran penyakit berbahaya,” ujar Camat Gending, Mohamad Ridwan. (em/ela).

Baca Juga  Diguyur Hujan 4 Jam, Kota Probolinggo Terendam Banjir 

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …