Kemarau Panjang, Harga Kebutuhan Dapur Naik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Musim kemarau berkepanjangan yang terus melanda wilayah Kabupaten Probolinggo berdampak terhadap para petani sayur. Tak sedikit para petani yang mengalami gagal panen.

Gagalnya panen para petani ini berimbas pada harga jual kebutuhan dapur di pasaran tradisional Kabupaten Probolinggo. Diantaranya harga jual kebutuhan dapur yang melambung, seperi tomat dan bawang merah.

Menurut Riski Nur Zakariya, salah satu pedagang di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, harga jual kebutuhan dapur seperti bawang merah kali ini sudah mencapai Rp. 24 ribu per kilogramnya. Padahal sebelumnya harg jual semula Rp. 18 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk harga jual tomat, menurut pria 27 tahun ini, sudah berada di kisaran harga Rp. 10 ribu per kilogram. Harga jual tomat semula berada di kisaran Rp. 3 ribu per kilogram.

“Yang ikutan naik juga harga telor, sekarang sudah dua puluh empat ribu per kilonya yang sebelumnya hanya dua puluh ribu per kilogram. Harga ini sudah naik sejak dua mingguan,” kata Kiki, begitu ia disapa, Selasa (26/11).

Meroketnya harga kebutuhan dapur, sambung Kiki, tak lepas dari musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga banyak para petani gagal panen.

“Kalau sudah gagal panen, stok di pasaran berkurang sehingga harga jualnya naik,” tutur Kiki.

Naiknya harga kebutuhan dapur, dikeluhkan oleh Siti Maimunah, ibu rumah tangga asal Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ia berharap permasalahan ini bisa secepatnya teratasi.

“Kalau tomat, masih bisa disiasati, karena hanya untuk dibuat sambal. Tapi kalau bawang dan telor, itu sudah menjadi kebutuhan pokok. Jadi mau tidak mau harus tetap beli,” tutur perempuan dengan 2 anak ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pasca Rapid Test, Lebih 10 Orang Pedagang Pasar Semampir Reaktif

Baca Juga

Petani Gagal Panen, Permintaan Banyak, Harga Bawang Merah Naik

Probolinggo,- Cuaca hujan berakibat sebagian besar petani bawang merah di Probolinggo mengalami gagal panen. Di …