RAMAI: Warga padati toko emas di Kota Probolinggo untuk membeli perhiasan.  (foto: Hafiz Rozani).

Jelang Lebaran, Warga Probolinggo Ramai-ramai Beli Perhiasan Emas

Probolinggo,- Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak warga yang membeli emas tak terkecuali di Kota Probolinggo. Pembelian emas menjelang lebaran ini merupakan tradisi, yang mana emas yang dibeli akan dikenakan saat silahturahmi.

Dari pantauan PANTURA7.com, hampir semua toko emas di Jalan Panglima Sudirman, Kota Probolinggo sejak Jumat pagi dipadati masyarakat yang hendak membeli emas.

Salah satu pembeli emas asal Kelurahan Kanigaran, Kota Probolinggo, Munawaroh (44) mengatakan, sengaja membeli emas lantaran tabungannya sudah cair. Sehingga uangnya dibuat untuk berbelanja, salah satunya membeli emas.

“Bersyukur tabungan saya cair, sehingga selain untuk membeli kebutuhan hari raya, juga membeli emas, itung-itung buat tabungan,” ujar Munawaroh.

Hal senada disampaikan pasutri asal Desa Pajarakan Kulon, Kecamatan Pajarakan Hilmi (33) dan Wulan (33). Hilmi sengaja datang ke toko emas untuk membeli emas buat istrinya, Wulan.

“Karena mendekati Hari Raya Idul Fitri saya membelikan istri emas sebagai hadiah,” ujar lelaki berambut cepak ini.

Pemilik Toko Emas Nawawi, Nunuk Qudratillah mengatakan, banyaknya warga yang membeli perhiasan emas di tokonya ini sudah sejak H-7 lebaran. Paling banyak masyarakat membeli cincin dan gelang.

“Sebagian masyarakat yang membeli emas ini untuk penampilan atau dipakai saat silahturahmi. Biasanya seminggu setelah lebaran, emas yang dibeli kembali dijual. Tetapi ada juga masyarakat yang membeli untuk simpanan,” ujarnya.

Dengan banyak masyarakat yang membeli emas, omset penjualan emas ini sampai naik 60 persen dibanding hari biasa.

Saat ini harga emas dengan kadar 70 persen mencapai Rp 800 ribu per gram.

“Fenomena tingginya masyarakat yang membeli emas ini mulai H-7 hingga H-1 Lebaran, habis itu normal lagi. Rata-rata pembeli emas ini warga Kabupaten Probolinggo,” papar dia. (*)

Baca Juga  Ada Ritual Nyepi, Jalur Bromo Mulai Ditutup

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …