TIBA: Beras impor saat dibongkar di Pelabuhan DABN Probolinggo. (Foto: Istimewa).

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) Kota Probolinggo. Dengan datangnya ribuan ton beras ini, maka stok beras di selama tiga bulan ke depan dipastikan aman termasuk menjelang Idul Fitri.

Wakil Pimpinan Cabang Bulog Probolinggo, Yoga Prastiyadi mengatakan beras yang tiba di pelabuhan DABN ini sebanyak 8.200 ton, yang terdiri dari 3.200 ton beras dari Vietnam, dan 5.000 ton beras dari Myanmar.

“Ribuan ton beras tersebut tiba di Probolinggo menggunakan kapal kargo PHU DAT 268 berbendera Vietnam, Minggu (10/3/24). Saat ini kapal tersebut masih bersandar dan terus melakukan bongkar muat sebanyak 3.200 ton beras impor,” ujarnya.

Yoga mengatakan, Sabtu pagi (16/3/24) datang lagi kapal kargo dari Myanmar yang membawa 5.000 ton beras impor. Nantinya beras impor ini akan ditempatkan di gudang-gudang Bulog Cabang Probolinggo.

Jika nantinya beras impor ini diperlukan oleh pemerintah, maka, beras bisa bergeser ke gudang Bulog lainnya, baik di Jawa, maupun di luar Jawa.

Dengan datangnya beras impor ini, maka ketersediaan stok beras khususnya di Probolinggo menjadi 10 ribu ton.

“Nantinya stok beras di daerah ini dapat didistribusikan untuk menstabilkan pasokan dan harga beras medium, kemudian bantuan pangan beras, serta pasar murah yang dilaksanakan bersama pemerintah daerah setempat,” ujar dia. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Mengenal Batik Harmoni, Corak Baru Batik Khas Kota Pasuruan

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …