Polisi Sidak SPBU Semampir, Ini Hasilnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tim gabungan dari Polres Probolinggo dan Dinas Perindustrian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah staisun pengisian bahan bakar (SPBU) sepanjang jalur pantura Probolinggo, Jum’at (22/12/2017). Sidak untuk memastikan ketersediaan dan cara jualnya tak mengalami kendala, jelang Natal dan tahun baru 2018.

“Berdasarkan instruksi Kapolda Jatim, kami diperintahkan untuk mengecek ketersedian BBM jelang Natal dan tahun baru. Tujuannya, mencegah adanya antrian panjang di SPBU karena pasokannya tidak mencukupi serta terjadinya kelangkaan bahan bakar saat musim liburan,” papar Kapolres Probolinggo, AKBP. Fadly Samad kepada wartawan.

Salah satu SPBU yang disidak petugas adalah SPBU di jalan raya Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan. Di SPBU yang berada di selatan ini, tim gabungan menemukan perbedaan takaran di pompa untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite.

Saat petugas SPBU menuangkan 20 liter Pertalite ke Bejana Ukur, isinya tidak sesuai. Pada pompa bensin, tertera 20 liter atau 20.000 mililiter, namun ketika diukur ke Bejana ukur isinya berkurang sekitar 200 mililiter.

Meski menemukan perbedaan ukuran, Kapolres mengatakan bahwa petugas belum menemukan indikasi kecurangan dari hasil uji tera tersebut. Selain itu, kandungan komposisi BBM, masih sesuai dengan produk yang dikeluarkan PT. Pertamina serta belum ditemukan gejala pengoplosan.

“Masih wajar, harapan kami para pelaku usaha SPBU tidak berlaku curang dengan memanfaatkan lonjakan pembeli saat musim liburan akhir tahun ini,” jelas mantan Kapolres Tuban ini.

Sementara pengawas SPBU bernama Aya, mengaku bahwa perbedaaan ukuran itu lumrah dan bukan faktor kesengajaan dari pengelola. “Terkadang memang kurang dan terkadang lebih. Mesin dispensernya tidak rusak dan masih berada berada di batas kewajaran, karena ini bukan SPBU Pasti Pas,” terang Aya. (din/arf).

Baca Juga  MMC Protes KPU Soal APK Milik HATI

Baca Juga

Lagi, Ledakan Bom Ikan Guncang Pasuruan

Pasuruan,- Sebuah rumah di Dusun Curah Malang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, menjadi …