SORLIP: Para pekerja melakukan sortir lipat suara di gudang KPU Kota Probolinggo di Jalan Anggrek. (foto: Hafiz Rozani).

Pemilu 2024, 488 Lembar Surat Suara di Kota Probolinggo Ditemukan Rusak

Probolinggo,- KPU Kota Probolinggo telah merampungkan proses sortil lipat (sorlip) surat suara di gudang KPU, Jalan Anggrek. Dari sorlip tersebut diketahui terdapat 488 surat suara yang rusak, dengan kondisi sobek hingga tinta meluber.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, sorlip ini telah dipercepat sesuai arahan dari KPU RI, sehingga KPU menambah jumlah pekerja hingga menjadi 120 pekerja. Dari sortir lipat tersebut diketahui terdapat 488 surat suara yang rusak.

“Dari 488 surat suara yang rusak terdiri dari untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berjumlah 15 lembar, DPD sebanyak delapan lembar, DPR RI 56 lembar, DPRD Provinsi 367 lembar, DPRD Kota Dapil III sebanyak lima lembar, DPRD Kota Dapil IV sebanyak 40 lembar,” ujarnya, Selasa (23/1/2024).

Dari 488 lembar surat suara yang rusak tersebut, oleh KPU Kota Probolinggo sudah diajukan untuk penggantian, dan saat ini sudah berproses. “Untuk permohonan pergantian surat suara sudah berproses,” imbuh Hudri.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Johan Dwi Angga mengatakan, untuk percepatan sorlip surat suara ini melibatkan sekitar 100 pekerja, sehingga untuk sorlip ini rampung pada Minggu (21/01/24).

“Jadi dari sorlip surat suara ditemukan 488 surat suara, dan di mana kerusakan surat suara rata-rata karena sobek serta tinta cetak meluber. Surat suara yang rusak ini rencananya akan dimusnahkan pada H-1 pencoblosan,” ungkap dia. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Alot! Dana Hibah Pemilu 2024 di Kota Probolinggo Belum Ada Titik Temu

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …