JELANG PEMILU 2024: Surat suara untuk DPRD Provinsi Jatim telah tiba di gudang KPU Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

KPU Kota Probolinggo Terima 182.403 Surat Suara DPRD Provinsi

Probolinggo,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menerima kedatangan 182.403 lembar surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jawa Timur, Minggu malam (31/12/23). Logistik Pemilu 2024 itu kemudian disimpan di gudang KPU Kota Probolinggo, di Jalan Anggrek.

Surat suara tersebut diangkut menggunakan truk. Surat suara yang dikemas di dalam 365 boks ini kemudian diturunkan di gudang KPU.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, KPU sudah menerima surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jatim dengan jumlah sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni, sebanyak 178.502 pemilih ditambah dua persen per TPS,. Sehingga total 182.403 lembar surat suara.

“Setelah tiba surat suara tersebut kemudian kami simpan dan selanjutnya khusus surat suara kami jadwalkan untuk sortir lipat. Hal itu untuk memastikan apakah surat suara ada yang rusak, hingga nama yang tidak jelas akan kita catat dan laporkan sesuai mekanisme yang ada,” ujarnya.

Hudri mengungkapkan, kedatangan surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Jatim ini merupakan tahap pertama. Kemudian akan sesuai jadwal atau di aplikasi Sistem Aplikasi Logistik Pemilihan Umum (Silog) hingga tanggal 3 Januari 2024, KPU akan kembali kedatangan surat suara untuk pemilihan DPRD Kota Probolinggo.

Selain itu, pengiriman logistik khususnya surat suara sudah dijadwalkan, karena memang pengiriman surat suara ini diprioritaskan kota/kabupaten dengan jumlah DPT besar, serta jangkauannya sulit.

“Jadi setelah seluruh logistik tiba, kami jadwalkan bulan Januari seluruh proses akan kami lakukan mulai dari merakit kotak suara, sortir, hingga lipat suara. Akan kami lakukan secara hati-hati agar semuanya terkontrol dan kebutuhan logistik sesuai jumlahnya,” imbuh Hudri.

Sementara, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Johan Dwi Angga mengatakan, sebelum surat suara ini dikirim, pihaknya telah mendatangi percetakan yang mencetak surat suara yakni, di Gresik.

Baca Juga  Waspada! 5 Kecamatan di Lumajang Berpotensi Terdampak Tsunami

Kemudian pada tanggal 31 Desember, Bawaslu mendapat informasi bahwa surat suara untuk DPRD Provinsi Jatim ini akan dikirim.

“Jadi sesuai informasi dari pihak percetakan, surat suara ini telah dikirim, dan kami juga akan memastikan apakah surat suara yang dikirim sejumlah 365 boks. Setelah itu dijadwalkan pada tanggal 3 dan 4 Januari akan ada pengiriman surat suara untuk DPRD Kota dan DPR RI,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Susul Habib Hadi, Tiga Politisi Ambil Formulir Bakal Calon Walikota-Wakil Walikota via Nasdem

Probolinggo,- Setelah Habib Hadi Zainal Abidin melalui PKB Kota Probolinggo mengambil formulir pendaftaran calon walikota …