KETIBAN BERKAH: Pedagang ikan segar di Lumajang, Suminah, saat melayani pembeli ikannya. (foto: Asmadi)

Bakar Ikan Jadi Tradisi saat Malam Pergantian Tahun, Pedagang Ikan Ketiban Berkah

Lumajang-, Sejak pagi hingga Minggu (31/12/23) sore, sejumlah lapak pedagang ikan di Kabupaten Lumajang diserbu pembeli. Salah satunya, lapak pedagang ikan segar di Desa Tekung, Kecamatan Tekung.

Salah seorang pedagang, Suminah (41) mengatakan, di momen pergantian tahun baru ini, omset penjualan ikan dagangannya meningkat hingga 65 persen per hari. Padahal sebelumnya, penjualan ikan yang ia dapat per hari hanya 35 persen.

“Alhamdulillah pembeli mengalami peningkatan daripada hari-hari biasanya. Saat ini, ikan saya sudah habis,” kata Suminah girang.

Suminah menyampaikan, ikan yang ia jual khusus ikan bakaran, seperti Gurame dan Dorang, yang diambil dari kolam pribadinya. Saat ini, harga jenis ikan tersebut mengalami kenaikan.

Gurame dijual seharga Rp38 ribu per kilogram (kg). Padahal sebelumnya, harga Gurame paling mahal hanya Rp35 ribu per kilogram.

“Semuanya naik, saya ambil dari kolam pribadi saya, naiknya mungkin karena pengaruh tahun baru ini banyak yang pesan,” beber dia.

Pembeli ikan asal Desa Tempeh, Kecamatan Tempeh, Indro (29) mengaku ia sengaja membeli ikan segar untuk keperluan acara bakar-bakar ikan bersama dengan keluarganya.

Ia membeli 4 kilogram ikan segar untuk dipanggang saat malam pergantian tahun. Meski ada kenaikan harga, ia tak begitu mempermasalahkan karena selisih harga masih dianggap wajar.

“Beli empat kilogram untuk dibakar nanti malam bersama keluarga. Rutin saat tahun baru, pasti bakar ikan. Kalau soal kenaikan harga tidak apa-apa, yang penting ikannya ada dan masih segar,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Dua Oknum Guru di Lumajang Terjaring OTT saat Potong PIP

Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …