CEGAH BANJIR ROB: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meninjau pintu air penahan banjir yang baru saja diresmikan di Desa Kalibuntu, Kec. Kraksaan, Probolinggo. (foto: Ali Yak'lu).

Disambut Banjir Rob, Gubernur Khofifah Resmikan Pintu Air Kalibuntu Probolinggo

 Probolinggo,- Banjir rob terjadi di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo nyaris setiap bulan. Namun, musibah yang telah terjadi hampir selama 20 tahun terakhir itu, kini sudah mulai bisa diantisipasi.

Senin (25/12/2023) sore, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan pintu air penahan banjir rob di desa yang terletak di sisi utara perairan Probolinggo itu.

Pintu air ini, sebelumnya mulai digarap sejak 17 November lalu, dan kini sudah bisa dioperasikan.

Khofifah menyebut, pembangunan pintu air ini bermula dari perjalanannya mengikuti acara petik laut di Desa Kalibuntu pada 2 Agustus lalu.

Saat itu, ketika ia baru turun dari perahu, mantan Menteri Sosial RI itu sudah disambut oleh banjir rob.

Akhirnya ia pun memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (DPUSDA) Jatim untuk melakukan survei guna penanganan.

“Kalau saya datang ke suatu tempat, kemudian ada sesuatu yang urgen dan harus ada solusinya, saya akan tindaklanjuti. Saat petik laut itu, saat turun dari perahu, sudah banjir rob. Makanya saya langsung minta Pak Baju (Kepala DPU SDA) untuk melakukan assesment,” ujarnya.

Ia berharap, adanya pintu air ini dapat memberikan rasa nyaman kepada warga Desa Kalibuntu dari gangguan banjir rob yang rutin terjadi.

Selanjutnya, untuk menjaga kondisi pintu air itu agar tidak cepat rusak, pihaknya akan menyiapkan bibit-bibit mangrove untuk ditanam. “Tinggal satu lagi nanti kita akan tanam mangrove,” tutup Khofifah.

Pemkab Probolinggo Bersyukur

Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas pembangunan pintu air tersebut. Sebab, dengan adanya pintu air tersebut, banjir rob yang biasa terjadi kini sudah bisa diantisipasi.

Baca Juga  Qurban Sapi di Masa PMK, Bagaimana Aturannya? 

“Setiap bulan purnama, selalu ada tamu tak diundang yang datang ke Kalibuntu. Oleh sebabnya, kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian gubernur dengan pembangunan pintu air ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, pengerjaan pintu air mulai dikerjakan sejak 17 November lalu. Anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan pintu air dengan tinggi 4 meter, pondasi 2 meter dan panjang 26 meter itu mencapai Rp4.008.974.552.

Tak hanya pintu air, anggaran tersebut juga digunakan untuk pembangunan dan perawatan parapet (sejenis tanggul) di sekitar pintu air yang panjangnya sekitar 500 meter. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …