TERBAKAR: Kobaran api melalap bengkel radiator di Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani).

Bengkel Radiator Terbakar, Diduga Akibat Arus Pendek

Probolinggo,- Tempat reparasi radiator di Jalan Serma Abdurrahman, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, pada Jum’at malam (15/12/23) terbakar. Diduga kebakaran tersebut akibat konsleting arus pendek listrik.

Informasi yang dihimpun, terbakarnya tempat reparasi radiator milik adik – kakak, Rohman dan Rohim ini diketahui sekitar pukul 20.45 WIB. Api muncul dan membakar bagian depan tempat reparasi radiator.

Warga sekitar yang mengetahui kebakaran berusaha memadamkan api yang sudah membakar sarang burung, tak jauh dari titik api. Sambi lalu, warga menghubungi petugas pemadaman kebakaran.

Penghuni Kos, Rofik mengatakan, sebelum api diketahui, terlebih dahulu tercium bau seperti benda terbakar. Karena curiga, ia keluar kos, dan melihat api sudah membakar tempat reparasi radiator.

“Saat kejadian tempat reparasi radiator sedang tidak ada orang, sehingga api yang awalnya muncul di area depan, kemudian membesar dan cepat menyambar bangunan yang berada di belakang,” ujarnya.

Petugas pemadam kebakatan Pemkot Probolinggo yang mendapat laporan kemudian menerjunkan 3 unit mobil damkar.

Saat petugas tiba, gerbang depan tergembok, sehingga petugas dan warga terpaksa merusak gembok untuk petugas dapat masuk dan mendekat ke sumber api.

Saat pemadaman petugas tak menemui kendala berarti, sehingga tak sampai satu jam, api yang juga sudah membakar bangunan sarang walet tersebut berhasil dipadam.

Kabid Damkar Pemkot Probolinggo, Abdul Kholiq mengatakan pihaknya mendapat lapiran sekitar pukul 21.00 WIB. Ap kemudian menerjunkan 4 unit damkar, dan untuk dugaan sementara karena konsleting listrik.

“Saat kebakaran terjadi, lokasi yang terbakar sedang tidak ada pemiliknya. Kendala yakni banyaknya warga yang melihat sehingga sedikit menghambat petugas datang dan untuk proses pemadaman membutuhkan waktu 20 menit,” ujarnya.

Baca Juga  Hujan Deras Longsor Timpa 2 Desa di Probolinggo

Akibat kebakaran yang menghanguskan tempat reparasi radiator, serta sarang burunh ini, diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …