SOSIALISASI: Anggota DPR-RI Komisi X, M. Haerul Amri, saat sosialisasikan 4 pilar kebangsaan. (foto: Ali Ya'lu).

Masuki Tahun Politik, Anggota DPR-RI ini Ajak Warga Gelorakan Semangat Pancasila

Probolinggo,- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi X, Moh. Haerul Amri melakukan sosialisasi empat pilar MPR RI di Kabupaten Probolinggo, Jumat (15/12/2023). Empat pilar tersebut meliputi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

Dalam momentum tersebut, pria yang akrab disapa Gus Aam itu mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga pentingnya Pancasila sebagai asas tunggal bangsa. Sebab, Pancasila merupakan hasil ijtihad para pendiri bangsa.

“Empat pilar ini sangat penting untuk terus kita jaga demi menjaga keutuhan bangsa,” kata Gus Aam di sebuah rumah makan di Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Ia juga menyinggung, Kabupaten Probolinggo yang terkenal dengan kota santri tentunya tidak terlepas dari latar belakang masyarakatnya yang mayoritas santri.

Hal ini menurutnya menjadi bekal penting untuk bagi masyarakat probolinggo untuk terus menggelorakan semangat Pancasila, apalagi memasuki tahun politik seiring kiam dekatnya Pemilu 2024.

“Sejarah membuktikan, banyak momentum memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan karena peran santri, makanya ini menjagi tugas kita bersama untuk terus menjaga Pancasila,” ujarnya.

Politisi Partai Nasdem ini mengungkapkan, sejak tahun 1984 pada Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama di Situbondo, Pancasila telah ditetapkan menjadi asas tunggal negara.

Hal ini pun kemudian diperkuat pada Muktamar NU 1989 di Situbondo, di mana KHR. As’ad Syamsul Arifin menegaskan, bahwa Pancasila merupakan asas tunggal kehidupan berbangsa.

“Kita harus terus menggelorakan semangat Pancasila, Indonesia harus kokoh, Sang Saka Merah Putih harus terus berkibar, jangan sampai bendera kita dirobek oleh orang lain. Hubbul wathan minal iman,” tutupnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Parpol pun ‘Turun Gunung’ Atasi Corona

Baca Juga

Ngaku Didorong Ulama, Gus Mujib Impikan Gandeng Rusdi Sutedjo di Pilkada Pasuruan

JjPasuruan,- Mantan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron, atau Gus Mujib, mengumumkan niatnya untuk mengajak …