KARHUTLA: Para relawan mencoba memadamkan api yang melalap hutan pinus di Lumajang secara manual. (foto: Asmadi)

Hutan Pinus di Lumajang Terbakar, Lalap 2,5 Hektar Lahan

Lumajang,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pinus terjadi di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Kamis (26/10/23). Kebakaran itu berada di petak 2 H, Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Sumberurip, Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Pasirian.

Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Karhutla yang terjadi di Desa Oro-Oro Ombo itu sempat padam, namun beberapa titik api lainnya muncul dan terus membakar mayoritas tanaman pinus di kawasan tersebut.

“Kalau awal kebakarannya sekitar pukul 09.00 WIB. Disini sempat padam, tetapi saat ditinggalkan petugas, apinya muncul lagi,” kata Lukman (35), warga setempat yang ikut memadamkan api.

Relawan pemadam kebakaran, Syaiful Anwar mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran itu.

Namun, ia bersama relawan yang lain terus melakukan penelusuran untuk mengendalikan amukan si jago merah.

“Penyebabnya masih belum diketahui, namun yang jelas, kami akan terus melakukan penelusuran penyebab terjadinya karhutla itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, api semakin sulit dipadamkan karena kondisi angin yang sangat kencang. Apalagi, tumbuh-tumbuhan dan tanaman pinus di sekitar kawasan karhutla banyak yang kering sehingga mudah terbakar.

“Anginnya sangat besar sekali, kondisi tumbuh-tumbuhan disini kering semua, gara-gara kemarau panjang. Ini yang membuat api sangat sukit untuk dipadamkan,” pungkas dia.

Hingga berita ini ditulis sekitar pukul 18.30 WIB, karhutla di Desa Oro-Oro Ombo masih belum bisa dipadamkan. Diperkirakan, kebakaran ini melalap sedikitnya 2,5 hektar lahan. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Diterjang Lahar Semeru, Jembatan Bambu di Gesang Putus Lagi

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …