Diskominfo Kabupaten Lumajang saat menerima kunjungan dari KI Provinsi Jawa Timur.

Komisi Informasi Jawa Timur Kunjungi PPID Kabupaten Lumajang

Lumajang – Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Lumajang menerima kunjungan visitasi dari jajaran Komisi Informasi (KI) Jatim Provinsi Jawa Timur bertempat di Ruang Khresna Kantor Diskominfo Kabupaten Lumajang, Kamis (18/10/2023).

Plt. Kadis Kominfo, Mustaqim, menjelaskan, monev ini menjadi dasar penting PPID Kabupaten Lumajang dalam menjalankan tugas dan fungsi PPID.

Selain itu, kata dia, visitasi ini merupakan tahapan lanjutan dari kegiatan monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik yang dilakukan rutin tiap tahun oleh KI Provinsi Jawa Timur.

“Kami berterima kasih hingga masuk tahap ini, tentu ini menjadi landasan bagi kami untuk meningkatkan pengelolaan layanan informasi publik di Lumajang,” kata Mustaqim saat dikonfirmasi, Kamis (19/10/2023).

Pelaksanaan kunjungan, kata Mustaqim, dalam hal ini Diskominfo sebagai PPID Utama, memfasilitasi Permohonan Informasi yang diajukan baik oleh masyarakat, lembaga atau organisasi harus cepat dalam pelayanannya sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku.

Selian itu, pihaknya menyambut baik karena dapat berkoordinasi secara langsung dalam pelaksanaan tugas-tugas dan tentu akan ada yang memberi masukan.

“Sehingga kami bisa memperbaiki kekurangan kami dan di kemudian hari bisa menyempurnakan kekurangan tersebut. Selanjutnya agar koordinasi, sinergitas serta kolaborasi antara Diskominfo Kabupaten Lumajang dengan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur dapat berjalan dengan baik dan dapat terus ditingkatkan di masa mendatang,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KI Jatim, Edi Purwanto menjelaskan, kegiatan monev ini merupakan bagian dari implementasi Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

“Monev ini sebagai tanggung jawab kami untuk melaksanakan Undang Undang Keterbukaan Informasi. Seluruh badan publik harus tunduk pada UU Keterbukaan Informasi,” jelasnya.

Selain PPID Kabupaten Lumajang yang dilakukan visitasi oleh KI Jatim adalah Desa Banjarwaru Kecamatan Lumajang. (*)

Baca Juga  Cuaca Ekstrim, Wali Kota Probolinggo Minta BPBD Bersiap Bantu Daerah Lain

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher Zainul Hasan R.

Baca Juga

Sengketa Tanah Picu Konflik Sosial, Pemkab Lumajang Galakkan Sertifikasi Tanah Elektronik

Lumajang,- Puluhan tahun lamanya, beberapa masyarakat Kabupaten Lumajang mengalami krisis sosial yang disebabkan oleh sengketa …