Rumpun Bambu Terbakar, Daun Beterbangan ke Perumahan Warga

Rumpun Bambu Terbakar, Daun Beterbangan ke Perumahan Warga

Probolinggo – Rumpun bambu di Dusun Semar, Desa Rawan, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo terbakar pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Akibatnya, separo dari rumpun bambu tersebut ludes terbakar.

Humas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Probolinggo, Sholehuddin mengatakan, kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh warga ke arah rumpun bambu.

“Diduga ada puntung rokok yang dibuang tepat pada ranting batang bambu yang kering, sehingga muncul percikan api dan terjadi kebakaran,” katanya.

Mendapat informasi tersebut, damkar langsung menerjunkan lima personel dan sebuah mobil pemadam menuju ke lokasi. Damkar akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 13.00 WIB.

“Tadi waktu menuju ke lokasi, ban mobil damkar kami terperosok, makanya baru sekitar pukul 13.00 WIB api baru bisa dipadamkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sholehuddin mengatakan, kebakaran tersebut sempat membuat panik warga sekitar. Pasalnya, daun-daun bambu yang terbakar, berterbangan dan menuju ke pemukiman warga.

Beruntungnya, tidak ada rumah warga yang terbakar atas kejadian tersebut. Hanya, beberapa tanaman yang berada di halaman rumah warga, ikut terbakar.

“Tadi warga juga gotong royong dengan menggunakan mesin pompa air untuk memadamkan, karena ada beberapa pohon pisang di halaman warga yang ikut terbakar. Beruntung tidak sampai merembet ke rumah-rumah. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Cegah Banjir Susulan, Pemkab Probolinggo Genjot Normalisasi Sungai

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …