Para pekerja menurunkan beras yang dipasok Bulog dari truk.

Stabilkan Harga, Bulog Gelontor Beras Medium di Empat Pasar

Probolinggo – Untuk menstabilkan harga beras di pasaran, Bulog Probolinggo menggelontor beras di sejumlah pasar tradisional di Kota Probolinggo dengan beras medium Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSP). Nantinya beras ini tidak boleh dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), juga untuk memenuhi beras murah untuk masyarakat.

Ada empat pasar tradisional yang digelontor beras medium oleh Bulog Probolinggo, salah satunya Pasar Kronong. Untuk pendistribusiannya melalui pesanan pedagang di pasar dengan maksimal pesanan 500 kilogram (kg) hingga dua ton beras.

Untuk beras medium yang dijual Bulog Probolinggo berukuran lima kg dengan harga jual Rp8.300 per kg.

“Nantinya setelah didistribusikan ke pedagang, beras yang kami stok ini tidak boleh dijual di atas HET yang mencapai Rp9.450 per kilogram. Selain itu, diharapkan kepada pembeli membeli maksimal 10 kilogram,” ujar Wakil Kepala Cabang (Wakacab)Bulog Probolinggo, Yoga Prasetyadi, Rabu (30/8/2023).

Pendistribusian beras medium ke empat pasar tradisional secara bergantian yang dimulai sejak beberapa hari yang lalu. Selain itu, kegiatan pendistribusian ini merupakan program Bulog yang dilakukan sepanjang tahun.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan harga beras di pasaran khususnya beras medium yang saat ini tinggi dapat kembali stabil,” kata Yoga.

Sementara, salah satu pedagang beras di Pasar Kronong, Leni mengatakan, sengaja mendatangkan beras dari Bulog lantaran sedang banyak dicari oleh warga di saat harga beras saat ini sedang mahal. Selain itu untuk harga jualnya per lima kg mencapai Rp47.250.

“Karena memang saat ini banyak peminat, maka, saya mendatangkan 100 sak beras medium dengan ukuran per sak lima kilogram. Nantinya untuk penjualannya setiap pembeli saya jatah dua sak dengan berat 10 kilogram,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Hujan Deras, Rumpun Bambu di Kedopok Tumbang

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …