Foto: Istimewa.

Bakar Sampah dan Ditinggal Pulang, Tumpukan Serbuk Sengon Terbakar

Probolinggo – Tumpukan serbuk dan beberapa kayu sengon di tempat pemotongan kayu milik Budi Hermanto (37) yang berada di Dusun Krajan, Desa Klenang Lor, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo ludes terbakar, Senin (28/8/2023) pagi. Hal itu terjadi karena diduga kecerobohan salah seorang pekerja di tempat pemotongan kayu tersebut.

Humas Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo, Sholehuddin mengatakan, peristiwa bermula saat salah seorang pekerja membakar sampah di dekat serbuk pemotongan kayu pada Minggu (27/8/2023) malam. Namun, ketika sisa api belum betul-betul dipadamkan, pekerja tersebut lantas pulang. Nyatanya, bekas api menyambar serbuk kayu, yang kemudian menimbulkan kebakaran.

“Dikira api sudah padam, makanya ditinggal pulang. Ternyata pagi tadi sekitar pukul 9.45 WIB, kami dikabari ada kebakaran, yang disebabkan pembakaran sampah semalam,” katanya, Senin (28/8/2023).

Akses jalan yang cukup sulit, membuat damkar butuhwaktu sekitar 15 menit untuk tiba di lokasi dan memulai proses pemadaman. Dengan tujuh personel yang diterjunkan, dan mobil damkar yang berkapasitas 3.500 liter, api akhirnya bisa dipadamkan dua jam kemudian.

“Akses jalan cukup sulit, kemudian sumber air cukup jauh. Itu yang lumayan memakan waktu. Karena kami masih harus isi ulang mobil tangki. Jadi tadi setidaknya ada 7.000 liter air yang dibutuhkan untuk pemadaman,” paparnya.

Akibat hal tersebut, kerugian ditaksir sekitar Rp10 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Kami imbau, agar masyarakat tidak membakar sampah dan ditinggalkan dalam keadaan menyala, apalagi musim panas dan angin seperti saat ini, agar tidak terjadi kebakaran,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Polisi Kembali Tangkap 2 Pelaku Pengeroyokan di Mayangan, 1 DPO

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …