Seorang warga berada didekat semak Bukit Bentar yang terbakar.

Semak Belukar dan Hutan Bukit Bentar Terbakar 

Probolinggo – Bukit Bentar di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Rabu sore (16/08/23) terbakar. Tidak diketahui penyebab kebakaran ini.

Yang jelas, kebakaran ini terjadi sejak Rabu pagi. Kobaran api berawal dari bukit di sisi selatan.

Dari pantauan PANTURA7.com, api yang membakar Bukit Bentar ini terlihat melalap semak belukar dan tanaman di beberapa sisi bukit. Mulai dari bagian tengah, hingga area yang berbatasan dengan lahan pertanian milik warga.

Begitu besarnya angin membuat api cepat merembet dan membakar tanaman kering lainnya. Tak hanya itu, akibat kebakaran ini asap bahkan menyelimuti Jalan Pantura Kabupaten Probolinggo.

Pengelola lahan, Abdus Somad mengatakan, kebakaran Bukit Bentar pertama kali terlihat pukul 08.00 di bukit sisi selatan. Api kemudian dengan cepat merembet ke tengah bukit.

“Awalnya asap terlihat di bukit sisi selatan. Barulah sekitar pukul 11.00 WIB, api sudah membakar bagian atas bukit. Hingga pukul 14.30 WIB, api sudah sampai di bukit sisi utara,” ujarnya.

Abdus Somad mengaku, tidak tahu penyebab kebakaran tersebut. Biasanya setiap tahun di musim kemarau seperti saat ini, Bukit Bentar kerap terbakar di beberapa bagian.

Saat api sudah terlihat, petugas Babinsa Koramil Gending juga sudah turun ke lokasi dan mengecek kebakaran yang terjadi di beberapa bagian Bukit Bentar.

“Sudah sekitar tiga tahun ini saat musim kemarau tidak terbakar. Dan barulah pada musim kemarau tahun ini Bukit Bentar terbakar,” katanya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Bermain di Sungai Kedunglarangan, Bocah 6 Tahun Ditemukan Tenggelam

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …