Total, Lima BCAD Ganda, Seorang BCAD Pilih Tinggalkan Probolinggo

Probolinggo,- Dalam proses verifikasi kegandaan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) berakhir, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo total menemukan lima BCAD ganda. Kelimanya berasal dari tiga partai politik (parpol) yang berbeda.

Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, ketiga parpol tersebut adalah PDI-P, PKB, dan PSI. KPU pun sudah memberikan waktu kepada parpol-parpol tersebut untuk melakukan klarifikasi terhadap BCAD-nya yang ganda.

“Kami sudah berikan waktu kepada parpol untuk melakukan klarifikasi, dan hasilnya harus di-upload di Silon (Sistem Informasi Pencalonan, Red.),” katanya, Rabu (26/7/2023).

Lebih rinci Agus menjelaskan, dari kelimanya, terdapat empat BCAD yang ganda internal, tiga dari PSI dan satu dari PDI-P.

Sedangkan satu BCAD lainnya ganda eksternal. BCAD tersebut terdata terdaftar dari PDI-P dan sekaligus dari PKB dari Dapil III yang meliputi Kecamatan Maron, Tiris, dan Krucil.

“Hari ini (26/7/2023) terakhir untuk upload-nya. Selanjutnya, berkas yang diupload ini yang akan kami verifikasi perbaikan berkasnya. Contoh, yang ganda internal PDI-P dengan daerah Tangsel (Tanggerang Selatan, Red.) ini BCAD nya memilih di Tangsel, sehingga tidak perlu di upload di sini, karena yang akan verifikasi adalah KPU Tangsel sana,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPC PSI Kabupaten Probolinggo, M. Hafidz mengatakan, sudah mengklarifikasi ketiga BCAD-nya yang ganda internal dengan di daerah lainnya. Bahkan, hasilnya sudah di-upload-nya ke Silon.

“Betul ada yang ganda internal dengan Lumajang, Pacitan, dan Sampang. Ketika diklarifikasi, ketiga memilih untuk lanjut berkontestasi di Probolinggo, dan sudah kami upload di Silon,” paparnya.

Sementara itu, untuk ganda eksternal yang terjadi pada BCAD yang terdaftar di dua parpol yakni, PKB dengan PDI-P, Liaison Officer (LO) PKB, Mustofa mengatakan, sesuai mekanisme yang ada, pihaknya telah mengklarifikasi kepada BCAD tersebut.

Baca Juga  Dibuat Selfie, Pengunjung Copoti Bendera Merah Putih di Kaldera Bromo

“Sudah kami klarifikasi, dan yang bersangkutan memilih PKB, sudah kami upload,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …