Foto: Istimewa

Heboh, Sapi di Krucil Lahir dengan Kepala Bercabang dan Bermulut Dua

Probolinggo,- Warga Desa Watupanjang, Kecamatan Krucil dibuat heboh oleh seekor anak sapi yang baru lahir. Pasalnya, sapi tersebut lahir dengan kepala yang bercabang dua dengan dua mulut yang terpisah.

Surahman seorang warga setempat mengatakan, kelahiran sapi yang terbilang langka tersebut praktis mengundang sejumlah warga untuk melihatnya. Bahkan, banyak yang mengabadikan sapi dengan dua mulut tersebut dengan kamera ponsel masing-masing.

“Milik tetangga saya, punya Bu Ida. Banyak yang melihat, karena tidak sama dengan sapi lainnya,” katanya, Senin (24/7/2023).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Disperta setempat drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, secara teori hal tersrbut memang dimungkinkan. Pertama, induk sapi memiliki dua sel telur, jika keduanya jadi, maka akan lahir sapi kembar.

“Jika sel telur ini bertemu dengan sperma, dan kedua sel telurnya jadi, maka akan lahir kembar, tapi tidak identik kembarnya,” ujarnya.

Sedangkan teori kedua, jika hanya satu sel telurnya yang jadi, dan sel telur ini membelah diri, maka akan lahir anakan sapi dengan kembar identik.

“Dalam kasus di Krucil ini, kemungkinan satu sel telur yang jadi. Dan sel telur ini mencoba membelah diri, tapi upaya membelah dirinya terganggu, dan tidak sempurna.

“Karena terganggu ini, akhirnya tidak sempurna. Jadi mungkin faktor ini yang menyebabkan sapi tersebut lahir dengan dua mulut. Dan terkait apa yang mengganggu pembelahan dirinya itu, itu memerlukan riset untuk memastikannya,” katanya.

Niko, panggilan akrab Nikolas Nuryulianto pun mengimbau, pemilik sapi untuk rutin memeriksakan kesehatan hewannya kepada dokter hewan atau petugas teknis kesehatan hewan, terlebih bagi sapi yang kondisinya bunting.

“Terlebih bagi hewan yang sedang bunting. Kami mengimbau agar peternaknya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan dokter hewan dan petugas teknis kami. Agar, kesehatan sapinya terjaga,” harapnya. (*)

Baca Juga  Remas Buah Dada, Pelajar SMP Ini Meregang Nyawa

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publiaher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Banjir Lahar Hujan Susulan Hantui Warga Lereng Semeru Lumajang

Lumajang,- Banjir lahar hujan Gunung Semeru yang menerjang sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS), Rabu (24/4/2024), …