RUSAK: Salah satu titik kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Probolinggo. (foto: Ali Ya'lu)

Perbaiki Jalan Rusak, Pemkab Probolinggo Minta Bantuan Pemerintah Pusat

Probolinggo,- Sejumlah ruas jalan daerah di Kabupaten Probolinggo hingga saat ini masih banyak yang rusak. Pemerintah setempat pun terus berupaya memperbaiki kerusakan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, untuk melakukan perbaikan jalan, tahun ini pihaknya juga berupaya memaksimalkan anggaran di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), seperti halnya bantuan dari pemerintah pusat.

“Beberapa waktu lalu, kami berkomunikasi dengan kementerian PUPR perihal jalan ini. Ada pontensi bantuan sebesar Rp56 miliar pada penanganan jalan. Sedang kami upayakan agar dapat dilakukan di kabupaten Probolinggo,” kata Ugas, Minggu (23/7/23).

Ia menambahkan, untuk mendapatkan bantuan perbaikan jalan ini, ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang harus dilalui. Mulai dari proses pengajuan hingga kelengkapan berkas yang menjadi syarat.

“Saat ini sedang kami upayakan. Misal goal (dikabulkan, red), nanti pengerjaan dan lokasinya tentu kewenangan pemerintah pusat, hanya saja lebih condong pada akses pertanian,” ujarnya.

Ugas menyebut, jika nanti upaya pemerintah untuk memperbaiki jalan dari bantuan pemerintah pusat ini berhasil, maka jalan rusak di Kabupaten Probolinggo akan berkurang.

Saat ini, dari 785,819 km jalan daerah yang ada, 77,33 persen atau 607,682 km diantaranya sudah terbilang mantap. Sedangkan 22,67 persen atau 178.137 km masih dalam kondisi rusak.

“Tentu kami terus mengupayakan agar semua jalan bisa mantap,” ujarnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Giliran MPP Dringu Diobok-obok KPK

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …