Ilustrasi.

Ganda, Satu BCAD Terdaftar di Probolinggo dan Tangsel, Satu BCAD dari PKB dan PDI-P di Dapil III

Probolinggo – Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo sedang melakukan tahapan verifikasi. Sebelumnya, KPU setempat resmi menutup masa pengajuan dokumen perbaikan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) Partai Politik (Parpol) pada Minggu (16/7) lalu.

Dari hasil verifikasi tersebut, sementara ini KPU menemukan BCAD ganda. Dalam kasus ganda ini, KPU menemukan kegandaan internal maupun eksternal.

Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata menjelaskan, dalam kasus ganda internal yang dimaksud, terdapat BCAD dari salah satu partai politik yang menjadi BCAD dari daerah pemilihan (dapil) di Probolinggo, sekaligus BCAD tersebut juga menjadi BCAD dari dapil lainnya.

“Ganda internal ada di PDI-P Probolinggo, BCAD- juga terdaftar di Tangsel (Tangerang Selatan, Red.),” katanya, Kamis (20/7/2023).

Sedangkan, dalam kasus ganda eksternal, terdapat seorang BCAD yang maju dari dua parpol yang berbeda dari dapil III Probolinggo. BCAD tersebut terdaftar dari PKB dan PDI-P.

“Dapil III ini meliputi Kecamatan Tiris, Krucil, dan Maron. Satu BCAD ganda eksternal,” ujarnya.

Atas hal ini, KPU mempersilakan parpol terkait untuk melakukan klarifikasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan BCAD yang bersangkutan akan maju dari dapil mana bagi yang ganda internal, maupun maju dari partai apa bagi yang ganda eksternal.

“Proses kegandaan ini, akan berlangsung sampai 26 Juli mendatang. Kemudian akan berlanjut pada tahapan berikutnya,” ujarnya.

Ia pun berharap, kedua parpol yang memiliki BCAD ganda internal maupun eksternal ini dapat segera menyelesaikan tugasnya. Agar tahapan selanjutnya dapat dilalui dengan lancar.

“Kami berharap parpol dapat segara menyelesaikannya, sehingga tahapan berikutnya yakni verifikasi dokumen hasil perbaikan bisa berjalan baik,” ucapnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publiaher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Top! Golkar Kabupaten Probolinggo 'Segel' Kursi Ketua Dewan Meski Hanya Finish Ketiga

Baca Juga

Akhirnya, Bawaslu Kota Probolinggo Segera Miliki Kantor Tetap

Probolinggo,- Sampai saat ini Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo belum memiliki kantor tetap. Namun, …