Jelang Tahun Baru Hijriah, Harga Daging Ayam Tembus Rp42.000

Probolinggo – Sehari menjelang Tahun Baru Hijriah, harga daging ayam di Pasar Baru Kota Probolinggo naik. Dengan naiknya harga daging ayam ini, menambah lama tingginya harga daging ayam yang dimulai sejak sebelum hari raya Idul Fitri.

Dari pantauan PANTURA7.com, kenaikan harga daging ayam terjadi di hampir seluruh pedagang di Pasar Baru, Kota Probolinggo, di mana saat ini harga daging ayam mencapai Rp42.000 per kilogram (kg) dibandingkan sebelumnya, Rp40.000 per kg.

Pedagang mengaku, tingginya harga daging ayam ini terjadi sejak sebelum hari raya Idul Fitri, yang mana harga daging ayam ini sempat menyentuh harga Rp45.000 per kg.

Salah satu pedagang daging ayam, Bawon mengatakan, naiknya harga daging ayam ini terjadi sejak empat hari lalu yang menyentuh harga Rp42.000 per kg. Meskipun sempat turun menjadi Rp40.000 per kg, namun hari ini kembali naik.

“Jadi harga daging ayam ini berada di angka 40 ribu per kilogram, bahkan sempat mencapai Rp45.000 per kilogram, hingga saat ini harga daging ayam mencapai Rp42.000 per kilogram. Sampai saat ini pedagang belum tahu kenapa harga daging ayam ini masih tinggi, padahal stok cukup banyak,” ujar Bawon, pedagang daging ayam.

Hal senada disampaikan pedagang daging ayam lainnya, Muryani. Ia mengatakan, harga daging ayam saat ini mencapai Rp42.000 per kg. Harga daging ayam ini terbilang tinggi yang dimulai sejak sebelum Idul Fitri.

“Kalau info yang saya dapat karena bibit ayam di pabriknya berkurang, sehingga pabrik tidak bisa mencukupi permintaan distributor, sehingga harga daging ayam ini tetap tinggi,” ujarnya.

Pembeli daging ayam, Emi mengaku, harga daging ayam ini terbilang tinggi. Biasanya hanya Rp35 ribu per kg namun saat ini mencapai Rp42.000 per kg.

Baca Juga  Harga Anjlok, Gudang Tembakau Siap Tampung Akhir Bulan

“Hari ini saya membeli daging ayam satu setengah kilogram saja, biasanya dua kilogram hingga lebih. Hal ini karena harga daging ayam tinggi mencapai Rp42.000 per kilogram. Kalau bisa harga daging ayam ini kembali ke harga Rp35.000 per kilogram seperti sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Tak hanya harga daging ayam, harga bawang putih di Pasar Baru Probolinggo juga merangkak naik. Saat ini mencapai Rp38.000 dibandingkan sebelumya, Rp25.000 per kg. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …