Aksi Pencurian Kotak Amal di Gading Terekam CCTV

Aksi Pencurian Kotak Amal di Gading Terekam CCTV

Probolinggo – Aksi pencurian kotak amal kembali terjadi di Kabupaten Probolinggo. Kali ini maling uang kotak amal masjid ini beraksi di Masjid Nurul Barokah, di Desa Kaliacar, Kecamatan Gading. Pelaku berjumlah dua orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Kapolsek Gading, Iptu Ahmad Jamil mengatakan, aksi kedua pelaku terekam Closed Circuit Television (CCTV) masjid. Peristiwa tersebut terjadi pada saat dini hari, sehingga kondisi masjid dan sekitarnya sedang sepi.

“Sekitar pukul 02.30 WIB kejadian pada Selasa (11/7/2023) lalu. Yang berhasil diambil adalah uang kotak amal yang berada di halaman masjid,” katanya, Kamis (13/7/2023).

Ia menjelaskan, kedua pelaku masuk melalui pintu pagar masjid. Setelah itu, pelaku langsung menuju ke kotak amal yang berada di halaman dan merusak gembok kotak amal dengan gunting besar.

“Setelah berhasil, pelaku kemudian mengeluarkan semua uangnya dan dimasukkan ke dalam kantong yang telah disiapkan,” katanya.

Tak puas dengan satu kotak amal, pelaku kemudian naik ke teras masjid untuk membobol kotak amal lainnya. Pada saat mencoba memotong rantai kotak amal tersebut, pelaku kurang berhati-hati dan menimbulkan suara yang cukup keras.

Hal itu pun terdengar Supriyadi (65), penjaga masjid yang berada di dalam masjid. Menyadari aksinya ketahuan, pelaku pun langsung melarikan diri.

“Pak Sup sedang salat tahajud mendengar suara keras itu. Pak Sup ini berupaya mengejar pelaku, tapi pelaku sudah melarikan diri,” ujarnya.

Atas aksinya itu, belum dapat dipastikan berapa jumlah uang yang dibawa kabur pelaku. Diperkirakan kotak amal yang dibobol tersebut berisi uang Rp1 juta dari amal jariyah jemaah masjid.

“Perkiraan sekitar sejuta rupiah. Karena kotak amal tersebut baru sekitar seminggu ditutup, yang sebelumnya sudah dibuka dan dimasukkan ke kas masjid,” ujarnya.(*)

Baca Juga  Puluhan Anggota LSM dan Eks-Karyawan RSUD Demo DPRD

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …