Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata. (foto: Ali Ya'lu)

Perbaikan Berkas BCAD Berakhir, Satu Parpol Abaikan KPU 

Probolinggo,- Masa perbaikan berkas Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) sudah ditutup oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo. Namun, dalam masa perbaikan mulai tanggal 26 Juni – 9 Juli lalu, masih ada BCAD yang tidak melakukan perbaikan.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata mengatakan, seharusnya terdapat 722 BCAD yang harus melakukan perbaikan berkas.

Pasalnya, pada tahapan pndaftaran, hanya 12 BCAD yang memenuhi syarat (MS) untuk berkontestasi pada Pemilu 2024 mendatang.

“Sebanyak 722 yang BMS (Belum Memenuhi Syarat, red) ini yang seharusnya melakukan perbaikan sampai terakhir tanggal 9 Juli lalu, tapi ini masih ada yang tidak melakukan perbaikan,” kata Agus, Selasa (11/7/2023).

Agus menjelaskan, dari semua partai politik peserta Pemilu 2024, hampir semuanya melakukan perbaikan terhadap persyaratan BCAD-nya masing-masing. Namun, terdapat satu partai yang mengabaikan perbaikan BCAD-nya.

“Semua partai melakukan perbaikan untuk BCAD-nya. Hanya PBB (Partai Bulan Bintang, red) yang tidak melakukan perbaikan,” ungkap pria asal Kecamatan Tiris ini.

Padahal menurutnya, ketika pihaknya melakukan verifikasi administrasi pasca pendaftaran BCAD, 50 BCAD dari PBB berstatus BMS.

Pihaknya pun memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan berkas, namun hingga waktu berakhir, PBB tidak melakukan perbaikan.

“Sebelumnya dari PBB ini BMS semua, dan tidak melakukan perbaikan, jadi setelah tahapan verifikasi perbaikan ini berakhir 6 Agustus mendatang, hampir bisa dipastikan mereka (50 BCAD PBB, red) TMS (Tidak Memenuhi Syarat, red) sudah, artinya tidak bisa lanjut. Kecuali nanti ada edaran atau keputusan baru dari KPU pusat terkait yang BMS ini,” bebernya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Survey LSI Denny JA; Elektabilitas Gus Haris Tertinggi di Probolinggo 

Baca Juga

Delapan Parpol Non Parlemen Merapat, Gus Haris: Mari Bersama-sama Membangun Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Delapan partai politik (parpol) non parlemen membangun komunikasi politik dan menyatakan dukungannya kepada Bakal …