KOMPAK: Warga, relawan dan petugas gotong-royong membersihkan jalan yang tertutup lumpur. (foto: Asmadi)

Kompaknya Warga Lumajang, Gotong-royong Bersihkan Lumpur Endapan Banjir

Lumajang,- Pasca banjir lahar hujan Gunung Semeru yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang, normalisasi kawasan mulai dilakukan. Seperti yang terlihat di Dusun Kedung Wringin, Desa Nguter, Kecamatan Pasirian.

Sejumlah relawan yang tergabung dalam Karang Taruna, Pemuda Pancasila, Tagana, BPBD Lumajang, serta Forkopimcam Pasirian, melakukan pembersihan jalan yang tergenang lumpur lahar hujan Gunung Semeru.

Yuda, salah satu relawan dari Karang Taruna Kabupaaten Lumajang menyampaikan, gotong royong yang dilakukan ini untuk membantu masyarakat membersihkan sisa-sisa lumpur akibat banjir.

“Kami bersama relawan dan warga bahu-membahu membersihkan tempat ibadah Masjid Baitul Rohman, dan membersihkan tempat lumpur dan material pasir yang berada jalan,” kata Yuda, Sabtu (8/7/2023).

Senada dengan Yuda, Romli salah satu warga menyampaikan, ia sejak siang bahu-membahu dengan relawan untuk membersihkan rumah warga, jalan hingga masjid yang terendam lumpur.

Menurut Romli, ada beberapa warga Dusun Kedung Wringin yang mengungsi di Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

“Kami bersama warga sekitar terus beegotong royong guna mempercepat pembersihan rumah dan jalan yang terendam lumpur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Patri Dwi Hastiadi menyampaikan, pihaknya telah menyebar personil ke beberapa desa yang terdampak banjir.

“Sudah kami sebar, dan sekarang mereka ada yang mengevakuasi warga yang terdampak banjir, membersihkan rumah warga, jalan serta membersihkan material longsor di Piket Nol,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Waspada! Gunung Semeru Luncurkan APG dengan Durasi 142 Detik

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …