MERESAHKAN: Petugas Damkar Kota Pasuruan saat mengevakuasi sarang tawon vespa di masjid. (foto: Moh. Rois)

Sarang Tawon Vespa Raksasa Menggantung di Masjid Pemkot Pasuruan, Sempat Bikin Panik

Pasuruan,- Keberadaan sarang tawon vespa yang berukuran besar di Masjid Al-Muttaqin, kompleks perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan, menyebabkan kekhawatiran bagi pegawai di lingkungan pemkot setempat.

Untuk mengatasi situasi ini, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pasuruan segera turun tangan dengan melakukan evakuasi terhadap sarang tawon vespa affinis.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengatakan, sarang tawon vespa berukuran sebesar bola sepak itu ditemukan menggantung di langit-langit masjid dengan ketinggian mencapai 25 meter.

Proses evakuasi sarang tawon vespa ini ternyata tidak mudah dan memakan waktu lama. Para petugas harus mengenakan seragam pelindung lengkap dan menggunakan tongkat panjang untuk menjatuhkannya.

“Sarang ini memiliki diameter lebih dari 15 sentimeter, sebesar kepala manusia,” ujar Samsul menegaskan.

Menurut Samsul, sarang lebah ini diduga sudah menggantung di langit-langit masjid lebih dari sebulan lalu. Namun, baru-baru ini jemaah masjid khawatir lantaran tawon-tawon yang bersarang kian besar.

Samsul menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap serangan tawon dan segera melapor jika menemukan sarang tawon vespa, berapa pun ukurannya.

“Saya menghimbau agar warga tetap berhati-hati dan selalu memeriksa sudut-sudut rumah atau bangunan yang berpotensi menjadi sarang tawon. Jika ada temuan segera dilaporkan karena tawon vespa cukup membahayakan ,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Laka di Jalur Pantura Grati, Pemotor Dilibas Truk

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …