Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Siap-siap! Bakal Ada South Beach Festival 2023 di Lumajang 

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan menggelar South Beach Festival 2023 di pesisir pantai selatan, Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang. Event itu rencananya berlangsung 3 hari, 23-25 Juni 2023.

“Dalam South Beach Festival di Pantai Watu Pecak Pasirian, nanti ada 500 penari Topeng Kaliwungu. Ayo saksikan dan hadirilah South Beach Festival banyak kegiatannya ada lomba layang-layang, lomba mancing, ada resik-resik pantai dan puncaknya Segoro Topeng Kaliwungu, ini keren,” ajak Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Selasa (13/6/2023).

Menurut bupati yang kerap disapa Cak Thoriq itu, event South Beach Festival 2023 merupakan kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan kolaborasi 4 organisasi perangkat daerah.

Diawali resik pantai oleh Dinas Lingkungan Hidup, Festival Layang-layang oleh Dinas Pemuda dan Olahraga, lalu Watu Pecak Fishing Tournament oleh Dinas Perikanan.

“Acara besarnya ada ratusan penari berlatar belakang indahnya Watu Pecak bertajuk Segoro Topeng Kaliwungu, dimeriahkan juga oleh Jaran Kencak,” ungkap mantan aktivis PMII ini.

Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Yuli Harismawati mengungkapkan, event tersebut digelar untuk mengangkat seni budaya khas Kabupaten Lumajang yang dikemas menarik dan diselenggarakan di tempat wisata.

Masyarakat dapat menyaksikan beragam event menarik yang berlangsung selama tiga hari ini secara gratis. “Event ini kita tempatkan di wisata Watu Pecak karena sudah tertata dengan baik,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Yuli, pihaknya mengapresiasi pemerintah desa dan pokdarwis yang sudah menata destinasi dengan baik, aksesnya bagus, amenitasnya juga ada sehingga dapat meningkatkan semangat bersama masyarakat untuk mengembangkan wisata.

“Tahun depan bisa saja kita pindahkan ke tempat yang lain, karena ada banyak pantai di Lumajang, ada Pantai Mbah Drajid Yosowilangun, ada Savana Pandanwangi dan pesisir pantai lain yang bisa digunakan untuk event ini,” pungkasnya. (***)

Baca Juga  Cegah Stunting, TP PKK Lumajang Lahirkan Empat Program Inovatif

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …