Sejumlah Banner Bacaleg Diturunkan Satpol PP Kab. Probolinggo

Sejumlah Banner Bacaleg Diturunkan Satpol PP Kab. Probolinggo

Probolinggo – Sejumlah banner Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) atau biasa disebut bakal calon legislatif (bacaleg) ramai terpasang di jalur Pantura Probolinggo, tak terkecuali hingga ke jalan-jalan daerah. Kebanyakan pemasangan tersebut tak berizin, bahkan ada yang terpasang di pohon pinggir jalan dengan cara dipaku.

Adanya banner musiman dari parpol ini mendapat sejumlah tanggapan dari sejumlah warga. Mereka menilai bahwa banner tersebut membuat kotor tepian jalan. Terlebih, sejumlah BCAD baru muncul ketika menjelang kontestasi.

“Masa kampanye masih jauh. Dan ini kalau memang berniat kampanye, jangan merusak pohon lah. Ini kan contoh yang buruk sebagai BCAD, masa kampanyenya dengan menggunakan metode yang buruk,” kata Rahmatullah, warga Kecamatan Kraksaan, Senin (5/6/2023).

Sementara itu, Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (KUKM) pada satpol PP Budi Sulistiono mengatakan, pihaknya telah melakukan penyisiran guna melakukan penurunan bener yang berada di tepian jalan.

“Untuk banner yang dipaku di pohon, kami langsung turunkan. Namun untuk yang di tepian jalan itu masuknya pada reklame. Jadi untuk menurunkannya kami komunikasi terlebih dahulu kepada pihak pemasangan, apabila tidak ada respon maka akan kami turunkan secepat mungkin,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini untuk benar parpol atau BCAD sejatinya masih belum masuk ke tahapan kampanye pemilu, namun sudah banyaj terpasang. Sehingga ia pun meminta, agar pemasangannya tidak dilakukan di sembarang tempat.

“Pemasangan banner itu kan diatur oleh KPU titik-titiknya. Jadi tidak sembarangan. Dalam hal ini kami tidak tebang pilih, apabila ada banner yang tidak sesuai dengan peraturan dan mengganggu pemandangan kota maka akan kami turunkan,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Siswi Magang Dimarahi Seleb Viral di TikTok, Polres Probolinggo Akan Mediasi

Baca Juga

Eks Kajari Pasuruan Daftar Cabup lewat PKB, Siap Saingi Dion-Gus Mujib

Pasuruan,- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di seluruh Indonesia …