DIAPRESIASI: Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, saat mendapatkan penghargaan dari Menkopolhukam RI, Mahfud MD. (Foto: Kominfo Lumajang).

Mantap! Bupati Lumajang Cak Thoriq Terima Anugerah Upakarti Tinarbuka Artheswara, Apa itu?

Lumajang,- Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menerima penghargaan Anugerah Upakarti Tinarbuka Artheswara peringkat ke-2 Kategori Bupati dalam peringatan Hari Keterbukaan Nasional (HAKIN) Tahun 2023.

Penghargaaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mohammad Mahfud MD, di Hall Room Labersa Hotel Riau, Rabu (17/05/23).

Anugerah Tinarbuka merupakan kompetisi penilaian monitoring dan evaluasi oleh Komisi Informasi Pusat, untuk menilai tingkat kepatuhan pimpinan badan publik terhadap Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam kesempatan itu, M Mahfud MD yang juga menjadi Duta Keterbukaan Informasi Publik menerangkan, Hari Keterbukaan Informasi merupakan momen penting dalam menghargai nilai demokrasi dan transparansi dalam pengelolaan pemerintahan.

“Ini adalah saat yang tepat untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya akses terhadap informasi yang akurat, objektif, dan mudah diakses”, ujarnya.

Ia menambahkan, keterbukaan informasi merupakan pondasi bagi demokrasi yang sehat, melibatkan partisipasi publik dan menjamin pemerintah bertanggung jawab terhadap rakyat.

Ditemui usai acara, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, penghargaan yang diterimanya itu merupakan bentuk komitmennya dalam menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Alhamdulillah, ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas kerja keras kami dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik, kami sangat bersyukur atas pencapaian ini dan tentu akan terus kami tingkatkan,” ujarnya.

Kepala daerah yang akrab disapa Cak Thoriq itu menambahkan, Pemkab Lumajang akan terus bersinergi dengan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur maupun dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik di daerahnya.

“Terima kasih kami ucapkan atas dukungan dan support dari Komisi Informasi Jawa Timur maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur, tentu kami terus berkoordinasi dan bekerjasama,” sampainya. (*)

Baca Juga  Lawan Covid-19, Kabupaten Sidoarjo Luncurkan Kampung Tangguh Semeru

 

Editor: Mohamad S
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …