Kenalkan Teknologi Kekinian, Gandeng Kominfo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Zainul Hasan Genggong Kraksaan menggandeng sejumlah instansi untuk mengenalkan kecanggihan teknologi kepada mahasiswa yang mengikuti Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB).

Ketua III Bagian Kemahasiswaan STIH Genggong Mohamad Hendra mengatakan, dalam orientasi penerimaan mahasiswa baru ini, pihaknya memberikan porsi 50 persen materi soal teknologi kekinian. Sisanya, meliputi materi akademik.

“Diikuti oleh 100 mahasiswa baru, kami sengaja gandeng Kominfo Kabupaten Probolinggo agar memberikan pencerahan soal tekonologi. Sedangkan pembahasan terkait pelanggaran teknologi kami hadirkan kepolisian,” kata Hendra, Rabu (28/8).

Dengan kecanggihan teknologi yang pesat, lanjut Hendra, maka mahasiswa pun wajib mengikuti perkembangannya sehingga pengetahuan yang diterima utuh. Hal inilah menurut Hendra, yang akan menekan peredaran informasi hoaks, SARA dan ujaran kebencian.

“Kecanggihan teknologi dan informasi, harus dimanfaatkan secara positif. Jangan sampai mahasiswa justru terdorong untuk menyebarkan informasi hoaks, yang dberpotensi melanggar undang-undang ITE,” ucap akademisi asal Kecamatan Maron ini.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika  Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Ofie Agustin mengatakan, saat ini kehidupan manusia sangat bergantung pada kecanggihan teknologi. Salah satu contohnya, ketergantungan pada handphone (HP).

“Alat ini sekarang bisa menjadi teman untuk membuat kita hebat, bahkan juga bisa jadi teman untuk menjerumuskan kita hingga terjatuh, jadi kita saat ini sangat ketergantungan ke HP,” ujar Ofie saat memberikan materi kepada peserta PK2MB.

Sebagai pengendali informasi, lanjut Ofie, pihaknya menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat ‘melek’ kecanggihan teknologi. Masyarakat wajib tahu teknologi, khususnya internet, agar pemanfaatan teknologi dan informasi tidak salah kaprah.

“Agar tidak terjerumus, maka gunakanlah internet dengan bijaksana. Karena dengan internet semua bisa kita ketahui. Maka dari itu, jika ingin menaruh atau menyebarkan sesuatu, alangkah baiknya difikir terlebih dahulu manfaat dan mudorotnya,” tegas Ofie. (*)

Baca Juga  Pemkab Pastikan Pemilu 2019 Berlangsung Aman Lancar

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Belanja Kepegawaian Masih Diatas 30 Persen, Pemkab Lumajang Batasi Rekrutmen Tenaga PPPK

Lumajang,- Belanja kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang masih diatas 30 persen. Pemerintah kota …