PETOLEKORAN: Perahu penyeberangan mengangkut warga Giliketapang tiba dan sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga. (foto: Hafis Rozani)

Petolekoran, Tradisi Unik Warga Pulau Giliketapang Menjelang Lebaran

Probolinggo,- Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 H, warga Pulau Giliketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Selasa (18/04/23), menggelar tradisi petolekoran.

Tradisi yang ditunggu-tunggu oleh warga Giliketapang pada puasa hari ke-27 ini merupakan tradisi tahunan berbelanja baju dan kebutuhan lebaran.

Sejak Selasa pagi (18/4/2023), kapal penyeberangan mengangkut puluhan warga Giliketapang silih berganti bersandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan.

Setibanya di dermaga, warga Giliketapang ini kemudian melanjutkan menuju pusat perbelanjaan di Kota Probolinggo dengan menggunakan becak atau pun bentor.

Tak hanya para remaja, orang tua, hingga anak-anak turut meramaikan tradisi yang hanya ada di Pulau Giliketapang ini.

“Saya datang bersama adik saya untuk ikut tradisi petolekoran berbelanja. Rencananya mau beli baju dan kue lebaran,” ujar warga Pulau Gili Ketapang, Ernawati Dewi.

Biasanya, tradisi yang lebih tepat disebut tradisi berbelanja ini biasanya dimanfaatkan oleh warga Giliketapang berbelanja banyak, sehingga warga ini berbelanja dari lagi hingga sore, bahkan malam hari.

Selain itu, dengan sudah tidak adanya pandemi, serta tidak ada lagi pembatasan, jumlah warga Giliketapang yang menjalankan tradisi ini juga lebih banyak dari tahun kemarin.

Pada tahun 2022 lalu, banyak warga Giliketapang yang tidak melaksanakan tradisi turun temurun ini.

Hal senada disampaikan pasangan suami istri bernama, Zirotul Arifin dan Sofiatul Adawiyah mengatakan, tradisi petolekoran ini merupakan tradisi berbelanja menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan rencananya, mereka akan berbelanja baju di beberapa toko.

“Bukan hanya kita saja, hampir seluruh warga Giliketapang datang ke Kota Probolinggo untuk belanja, dan rencananya kita akan belu baju di beberapa toko yang ada di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Menyambut kedatangan warga Gili Ketapang yang melaksanakan tradisi petolekoran ini, sejak pagi petugas gabungan dari Polres Probolinggo Kota, Satpolairud Polres Probolinggo, serta KSOP stanby di dermaga Pelabuhan Tanjung Tembaga. (*) 

Baca Juga  Merajut Harmoni di Surga Bawah Laut Pantai Bohay Paiton

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …