Tangkapan Layar video CCTV pencurian uang kotak amal di di area Masjid Baitussalam, Lumajang.

Menjelang Lebaran, Maling kian Nekad, Uang Kotak Amal pun Diembat

Lumajang,- Seperti yang terjadi di area Masjid Baitussalam, Desa Selok Besuki, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang. Uang dalam kotak amal masjid yang berada di pertigaan Jalan Soekarno Hatta, raib digondol maling.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, pencurian itu terjadi Kamis (13/4/23). Dalam video CCTV yang merekam kejadian itu, terlihat seorang pemuda mendongkel kotak amal dan menguras habis isinya.

Warga yang awalnya hanya melihat, lantas mendekati pemuda itu lantaran merasa curiga. Namun, pelaku dengan sigap langsung bergegas melarikan diri.

Ketua takmir Masjid Masjid Baitussalam, Hasbullah mengaku prihatin atas perbuatan anak muda yang mencuri uang dalam kotak amal masjid di siang bolong tersebut.

“Saya pribadi sangat prihatin atas kejadian tersebut, sebab pelakunya itu masih muda, dan saya rasa masih sangat bisa untuk bekerja,” kata Hasbullah saat ditemui di rumahnya, Senin (17/4/2023).

Peristiwa itu, dijelaskan Hasbullah, terjadi ketika para petugas penarikan amal di pertigaan Jalan Soekarno Hatta sedang menunaikan salat dhuhur secara berjamaah.

Rupanya, momentum itu jadi kesempatan bagi para untuk melancarkan aksinya. “Kunci kotak amalnya itu bisa dibuka dengan kunci apa saja. Asalkan kuncinya itu masuk, pasti bisa dibuka,” jelasnya.

Menurut Hasbullah, uang yang berhasil dibawa kabur pelaku merupakan hasil penarikan amal selama 2 hari. Nominalnya belum diketahui pasti.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Sukodono, AKP Edi Santoso mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki pelaku pencurian kotak amal, yang sejatinya untuk pembangunan rumah ibadah itu.

“Saat ini kita sedang telusuri siapa anak muda yang nekat mencuri kotak amal di siang hari itu,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Ciptakan Layanan Inklusif dan Efektif, MPP Lumajang Fasilitasi Penyandang Disabilitas

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …