SOSIALISASI: Anggota DPR-RI Komisi X, M. Haerul Amri saat Sosialisasi Percepatan PIP Tahun 2023 di SMKN II Kraksaan. (foto: Ainul Jannah)

Catat! Tahun ini 48 Ribu Pelajar SD hingga SMA di Probolinggo – Pasuruan Bakal Terima Beasiswa

Kraksaan,- Para pelajar di Probolinggo dan Pasuruan bakal kembali menerima beasiswa lewat Program Indonesia Pintar (PIP). Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 48 ribu lebih beasiswa.

Ribuan beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi (Kemendikbud Ristek) RI itu akan disalurkan melalui Komisi X DPR-RI. Pelajar yang berhak menerima adalah anak didik dari keluarga kurang mampu.

Anggota Komisi X DPR-RI, Mohamad Haerul Amri menjelaskan, 48.400 beasiswa itu dialokasikan bagi pelajar SD hingga SMA. Rinciannya, SD 26.771 beasiswa, SMP 11.307 beasiswa, SMA sejumlah 4.413 beasiswa dan SMK 5.909 beasiswa.

“Total sekitar 48 ribu sekian ini tentunya agar muda-mudi kita yang benar-benar membutuhkan bisa tertolong dengan adanya PIP ini,” kata Gus Aam, sapaan M. Haerul Amri saat menghadiri sosialisasi Percepatan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2023 di SMKN II Kraksaan, Selasa (21/3/23) siang.

Besaran beasiswa, senilai Rp450 ribu/siswa untuk SD, Rp750 ribu/siswa untuk SMP dan Rp1 juta/siswa di tingkat SMA/SMK. “Juga ada beasiswa untuk mahasiswa,” ujar dia.

Wakil rakyat dari Dapil Jatim III (Kabupaten dan Kota Probolinggo serta Kabupaten dan Kota Pasuruan) ini memastikan, seluruh penyaluran beasiswa tanpa dipungut biaya dalam bentuk apapun.

“Saya berharap kepada kepala sekolah agar betul-betul menyeleksi peserta didiknya dengan baik agar PIP ini tepat sasaran di semua kalangan dari tingkat siswa SD, SMP, SMA, SMK,” urai legislator Partai Nasdem ini.

Tahun lalu, Gus Aam juga getol mendistribusikan beasiswa bagi para pelajar di Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. Jumlahnya sekitar 25 ribu beasiswa. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Belajar di Tenda, Siswa-Siswi SDN Gunggungan Lor: Gerah

Baca Juga

Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Probolinggo,- Gelaran Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul Hasan (PZH) …