TES URINE: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan kelas II B Kraksaan bersiap jalani tes urine. (foto: Ainul Jannah)

Cegah Peredaran Narkoba Jelang Ramadhan, Warga Binaan Rutan Kraksaan Dites urine

Kraksaan,- menjelang bulan Ramadhan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan kelas II B Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, kembali dites urine, Jum’at (10/3/23).

Kepala Rutan Kelas II B Kraksaan Alzuarman mengatakan, tes deteksi dini pencegahan narkoba ini dilakukan rutan bersama TNI-Polri.

Selanjutnya, sebanyak 15 orang WBP dipilih oleh Satresnarkoba Polres Probolinggo sebagai sampel untuk menjalani tes urine secara bergantian.

“Alhamdulillah seluruh warga binaan yang dites hasilnya negatif. Jika terdapat yang positif maka kami akan bersikap tegas,” ancamnya.

Kasat Resnarkoba Polres Probolinggo AKP Ahmad Jayadi menyebut, tes urine dilakukan sebagai upaya pencegahan peredaran narkotika, tak terkecuali di dalam rutan. Apalagi dua pekan kedepan sudah memasuki bulan ramadhan.

“Kami sudah lakukan tes urin, hasilnya semua negatif narkoba. Kami harap semua rutan bisa seperti rutan Kraksaan, setiap digeledah tidak ditemukan barang terlarang,” ucapnya.

Menurut Jayadi, para pelaku tindak pidana narkotika yang telah mendekam di penjara, terkadang masih menggunakan narkoba dengan memanfaatkan jejaring diluar rutan.

“Ini yang kami antisipasi, dengan harapan nanti ketika sudah keluar dari rutan, sudah tidak menggunakan narkoba kembali,” Jayadi menambahkan. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Hampir Sebulan Buron, Maling yang Sempat Dihajar Santri Bersarung Akhirnya Tertangkap

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …