Ketua DPRD Lumajang, Anang Ahmad Syaifudin.

DPRD Lumajang Kocok AKD, Bagaimana Ketua Dewan?

Lumajang,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang menggelar rapat paripurna tertutup untuk membahas jumlah dan Komposisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Senin (27/2/23) siang.

Informasi yang dihimpun, rapat yang dimulai sekitar pukul 12.30 WIB itu, salah satu agendanya adalah untuk membahas soal pemberhentian Anang Ahmad Syaifuddin sebagai Ketua DPRD Lumajang.

Diketahui, Anang yang berasal dari F-KB menyatakan mengundurkan diri sebagai ketua dewan. Agenda lain, soal pengajuan perubahan AKD dari Fraksi PKB dan PPP.

Informasinya, posisi Anang Ahmad Syaifuddin bakal digantikan oleh Eko Adis Prayoga, yang sebelumnya menjabat Ketua Komisi B. Adapun posisi yang ditinggalkan Eko, rencananya akan digantikan oleh Abdul Rahman Saleh, anggota Komisi A DPRD F-KB.

Sementara itu, Ketua Komisi C, Hari Nur Kiswanto bakal digantikan oleh anggota Fraksi PPP, Suwarno. Posisi Suwarno selanjutnya diisi oleh anggota Komisi B, Trisno.

“Ini rapat paripurna internal DPRD,” kata Ketua DPRD, Anang Ahmad Syaifuddin, saat ditanya wartawan.

Perubahan dari pimpinan dan alat kelengkapan dewan, tambah Anang, tidak akan menganggu kinerja DPRD. “Tidak akan terganggu, sekedar penyegaran saja,” ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Lumajang, Mahfud menyebut, ada dua agenda yang dibahas dalam rapat paripurna itu. “Da agenda, saran pergantian Pimpinan DPRD, dan perubahan AKD,” tuturnya.

Dengan terbitnya surat dari F-PKB, lanjut dia, maka proses pergantian pimpinan DPRD akan dilanjutkan sesuai aturan yang berlaku. Selama proses ketua DPRD PAW, Anang Ahmad Syaifuddin masih tetap sebagai Ketua DPRD Lumajang.

“Akan diproses selama 7 hari usulan ke Gubernur Jawa Timur, setelah itu akan digelar sidang paripurna penetapan PAW Ketua DPRD Lumajang,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Pajak Reklame di Lumajang tak Dibayar, termasuk oleh Petugas Kesehatan

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …