Penyemprotan disinfektan di Pasar Banyuanyar beberapa waktu lalu.

Ratusan Sapi di Kabupaten Probolinggo Masih Terpapar PMK

Probolinggo – Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak di Kabupaten Probolinggo masih belum dapat diselesaikan. Bahkan, selama 2023 ini, sudah ada ratusan sapi yang terpapar PMK.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) pada Dinas Pertanian (Disperta) setempat, drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, pihak Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur juga menyebut saat ini gelombang II PMK masih mengancam seluruh wilayah di Jawa Timur.

“Dari pantauan kami, 2023 ini ada 139 sapi yang terpapar. Terbaru, PMK ini menyerang empat ekor sapi di daerah Kecamatan Lumbang pada 6 Februari lalu,” katanya, Jumat (17/2/2023).

Dari jumlah tersebut, tiga ekor di antaranya mengalami kematian. Oleh sebab itu, ia meminta kepada para peternak untuk terus memperhatikan kesehatan ternaknya agar terhindar dari penyakit tersebut.

“Pada 2023 ini, penyebaran terbanyak di Kecamatan Krucil dengan 40 ekor, kemudian Krejengan ada 26 ekor, dan Bantaran ada 18 ekor. Tapi ada juga kecamatan yang sejauh ini masih aman, nol kasus, seperti Besuk, Paiton, Pajarakan, Kotaanyar dan sejumlah kecamatan lainnya,” paparnya.

Niko menjelaskan, pihaknya terus melakukan vaksinasi demi terus berupaya memutus mata rantai penyebaran penyakit ini. Bahkan, dalam upaya itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Beberapa hari yang lalu, bekerja sama dengan BPBD kami melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Hewan Maron dan Banyuanyar, termasuk RPH (Rumah Potong Hewan, Red.) di dua kecamatan itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, penyemprotan disinfektan ini memang penting untuk dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran PMK. Soalnya, pasar hewan dan RPH memang menjadi tempat berkumpulnya hewan ternak.

“Insya Allah akan kami lakukan di tempat lain juga. Namun kami perlu koordinasi lebih dahulu dengan BPBD,” ucapnya.(*) 

Baca Juga  Pengajuan Judical Review Perbup Pilkades ke MA Sudah Didaftarkan ke PN Kraksaan

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …