Anggota Polres Probolinggo Kota liris pelaku.

Curi 15 Laptop, Komplotan Pencuri Dibekuk

Probolinggo – Satreskrim Polres Probolinggo Kota (Polresta) berhasil membekuk empat pelaku pencuri laptop dan barang-barang milik sekolah. Para pelaku mengaku, hasil penjualan laptop yang dicurinya digunakan untuk makan sehari-hari.

Hasil ungkap kasus ini di rilis di halaman Mapolres Probolinggo Kota (mapolresta), Selasa siang (14/02/2023). Keempat pelaku yang berhasil diamankan ini diketahui berinisial, SKM (35), warga Kelurahan Pohsangit Kidul, Kecamatan Kademangan, RC (18), warga Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok.

Selanjutnya, SL (26), warga Kelurahan Pohsangit Kidul, Kelurahan Kademangan, dan seorang pelaku yang masih pelajar berinisial BS (17), warga Kecamatan Kademangan.

Wakapolresta Kompol Subiyantana mengatakan, penangkapan pelaku ini bermula saat pihak sekolah SMPN 2 Wonomerto melaporkan kejadian pencurian, Senin (6/2/2023) usai kejadian tersebut diketahui.

“Dari laporan inilah, petugas kemudian melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta penyelidikan. Akhirnya secara bergantian, keempat pelaku ini berhasil dibekuk pada Sabtu (11/02/2023) lalu di beberapa tempat berbeda di Probolinggo,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku melakukan aksi pencurian laptop dan barang-barang milik SMPN 2 Wonomerto ini dengan memanjat pagar belakang, kemudian masuk ke ruangan.

Setelah masuk barulah keempat pelaku ini beraksi dan berhasil menggasak 15 laptop, satu amplifier, satu mikrofon, satu speaker bluetooth, enam pasang kaos kaki, dua boks pulpen, satu boks Type-X, serta sebuah genset. Polisi juga mengamankan sebuah sepeda motor Honda Beat warna merah putih N 6239 PF yang digunakan para pelaku saat beraksi.

Dari sebanyak 15 laptop yang mereka curi, satu laptop di antaranya telah dijual di Pasar Gembong, Surabaya, dan uangnya digunakan untuk membeli makan.

“Dari hasil penyelidikan, keempat pelaku ini merupakan residivis. Dan akibat perbuatannya, mereka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” ujar wakapolresta. (*)

Baca Juga  700 Dosis Vaksin Disuntikkan Sapi di Kota Probolinggo

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …