Petugas damkar eksekusi sarang tawon di atap rumah warga (istimewa).

Musim Hujan, 13 Sarang Tawon Vespa Dievakuasi

Probolinggo – Selama Januari hingga pertengahan Februari 2023 ini, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo telah mengeksekusi belasan sarang tawon vespa. Banyaknya sarang tawon vespa ini, karena tawon ini cepat berkembang biak saat musim hujan.

Sejak awal bulan Januari lalu, petugas Damkar telah berhasil mengeksekusi sebanyak 13 sarang tawon vespa affinis. Belasan sarang tawon ini rata-rata berada di pepohonan dekat dengan rumah war.a. Namun juga ada yang bersarang di bagian rumah warga.

“Diperkirakan tawon jenis vespa affinis ini berkembang biak dengan cepat pada musim penghujan. H ini melihat banyaknya laporan yang masuk serta hingga saat ini total sudah ada 13 sarang tawon yang sudah kita eksekusi,” ujar Komandan Regu 3, Sukirno, Kamis (9/2/2023).

Yang terbaru, Kamis hari ini, Damkar mengeksekusi sarang tawon vespa affinis di Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran. Tawon vespa tersebut bersarang atap bagian luar lantai 2 rumah milik warga.

Tak butuh waktu lama, sarang tawon vespa berdiameter sekitar 60 Cm tersebut berhasil dieksekusi petugas tanpa ada kendala. Tawon tersebut tidak sampai menyerang warga dan pemilik rumah.

“Kami terus mengimbau kepada warga Kota Probolinggo jika melihat atau mengetahui di rumah, dan lingkungannya terdapat sarang tawon vespa, untuk segera di laporkan, mengingat selain dapat sewaktu-waktu menyerang, serta mengantisipasi warga yang tersengat,” imbuh Sukirno. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Hendak Sowan ke Kyai, Kakak-adik Tewas Dihantam Pikap

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …