HPN: Forkopimda Lumajang usai potong tumpeng tasyakuran HPN 2023. (foto: Asmadi).

HPN 2023, Bupati Lumajang Minta Pers Kritis Konstruktif

Lumajang,- Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari 2023, jadi momentum untuk memperkuat solidaritas insan pers. Selain itu, HPN jadi refleksi perjalanan pers dari masa ke masa.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, media massa atau pers harus memberikan kritik konstruktif agar mampu akan memberikan manfaat kepada pemangku kebijakan.

Menurutnya, sudah seharusnya setiap media konstruktif dalam memberikan kritik. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah produktif dalam pemberitaan.

“Kritik itu penting. Kita tidak bisa anti kritik. Karena bisa jadi kritik itu adalah sarana untuk memperbaiki kinerja kita, misalnya dalam pemerintahan. Maka ketika ada kritik yang tajam sekalipun, kita akan lihat kebenarannya. Jika kritik itu benar, maka usaha perbaikan mesti dilakukan oleh pemangku kebijakan. Inilah manfaat media yang konstruktif,” kata Thoriq saat menghadiri tumpengan HPN 2023 yang digelar oleh Forum Komunikasi Wartawan Lumajang (FKWL), Kamis (9/2/2023).

Thoriq menyampaikan, selama ini wartawan yang tergabung dalam FKWL paling produktif melahirkan produk jurnalistik dan mampu memberikan kritik konstruktif untuk pembangunan Kabupaten Lumajang.

“FKWL merupakan pioner dalam membantu pemerintah, khususnya di Lumajang dengan kritik-kritiknya yang konstruktif,” ujar Cak Thoriq menambahkan.

Eksistensi media massa, imbuh Cak Thoriq, ditentukan oleh produktivitas dan kualitas karya jurnalistiknya. Dua hal inilah yang menjadi kunci utama agar media massa bertahan.

“Memang banyak media, namun yang akan bertahan adalah mereka yang produktif dan profesional dalam menjalankan tugasnya,” tegas kepada daerah yang pernah menjadi ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) saat masih di perguruan tinggi ini.

Sebelum tasyakuran dengan potong tumpeng, peringatan HPN 2023 di Kabupaten Lumajang ini diawali dengan Khotmil Qur’an yang diselenggarakan di sekretariat FKWL Lumajang.

Baca Juga  Pembangunan RSNU Lumajang Dikebut, Bulan Depan Ditargetkan Beroperasi 

Ketua FKWL Lumajang Abdul Rohman menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin baik, antara wartawan dan semua pihak di Kabupaten Lumajang.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada semua OPD, Forkopimda Lumajang, Bupati, Wakil Bupati Lumajang dan pihak-pihak lain yang telah membantu kami dalam memberikan informasi yang bertanggung jawab,” kata Rohman.

Selain bupati, hadir dalam kegiatan itu Wakil Ketua DPRD Lumajang, H. Bukasan; Kepala Kantor Kemenag Lumajang, Moh. Muslim; Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jekcon Situmurang; Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Gunawan Indra dan sejumlah kepala OPD di Kabupaten Lumajang. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …