Ilustrasi penculikan anak.

Marak Isu Penculikan Anak, begini Cara Menyikapinya

Probolinggo,- Isu penculikan anak menggelinding liar bak bola yang disepak dari ketinggian. Di Kabupaten Probolinggo, isu ini juga merebak menciptakan kecemasan sepihak.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasi Humas Polres Probolinggo Ipda Sugeng Santoso memastikan, sejauh ini isu penculikan anak yang beredar di wilayah hukumnya masih sebatas kabar bohong alias hoaks.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik dan takut berlebihan. Meski demikian, ia menekankan agar pengawasan terhadap anak ditingkatkan apabila berada di luar rumah.

“Beberapa tips untuk menyikapi isu penculikan anak adalah, tidak perlu takut dan panik ataupun resah karena isu penculikan anak, tingkatkan pengawasan terhadap anak jika beraktifitas diluar rumah, juga sampaikan pada anak agar tidak berinteraksi dengan orang yang tak dikenal,” ujar Sugeng, Kamis (2/2/23).

Sugeng menambahkan, yang kalah penting untuk orang tua dalam menghadapi isu penculikan anak adalah anak tidak dibiarkan menggunakan perhiasan ataupun barang berharga.

“Karena jika sudah melihat anak kecil dengan berbagai perhiasan, itu salah satu faktor terjadinya kejahatan yang saat ini isunya marak di media sosial,” Imbuhnya.

“Kami dari pihak Kepolisian mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor jika menemukan seseorang yang mencurigakan. Tentunya kami saat ini tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” ia memungkasi. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Duh! Guru Ngaji di Sidoarjo Sodomi 10 Anak Dibawah Umur

Baca Juga

Rawan jadi Target Kejahatan, Toko Emas Diimbau Pasang CCTV

Probolinggo,- Meningkatnya mobilisasi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan jelang lebaran, khususnya perhiasan, membuat Polres Probolinggo Kota …