Dewi Korina jabat Plh Sekda Kabupaten Probolinggo.

Posisi Plh Sekda Hasyim Diganti, Pemkab Usulkan Pj Sekda Baru ke Kemendagri

Probolinggo – Jabatan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo mengalami pergantian. Posisi yang sejak 2 Januari lalu dijabat Ahmad Hasyim Ashari, kini ditempati Dewi Korina.

Sama halnya dengan Hasyim ketika menjabat Plh Sekda yang merangkap sebagai Asisten II Setda setempat, Dewi Korina pun saat ini juga menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo.

“Betul ada pergantian dari Pak Hasyim ke Bu Dewi terhitung 31 Januari (Selasa, Red.) kemarin,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, Syamsul Huda, Rabu (1/2/2023).

Sama halnya dengan Hasyim, masa tugas Dewi sebagai Plh Sekda hanya selama 7 hari. Setelah itu, masa jabatannya bisa diperpanjang selama 7 hari lagi, dan juga bisa digantikan ke pejabat lainnya.

Ia juga menjelaskan penunjukan Plh Sekda merupakan wewenang Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko. Penunjukkan ini cukup dengan surat perintah tanpa harus ada pelantikan.

“Memang dibutuhkan Plh untuk menjabat, karena yang definitif masih belum ada jawaban dari Kemendagri,” imbuhnya.

Syamsul melanjutkan, dengan masa tugas Plh yang terbilang singkat, dan dengan belum adanya jawaban dari kemendagri tersebut, pihaknya sudah pernah mengusulkan Hasyim menjadi Penjabat (Pj) Sekda ke kemendagri. Namun hal ini ditolak lantaran yang bersangkutan memiliki istri yang juga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab setempat.

“Sudah kami usulkan lagi ke kemendagri terkait Pj Sekda ini dengan figur baru. Terkait nama, mohon maaf belum bisa memberitahukan,” paparnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  KTT G20, Tim Gabungan Patroli Laut dan Periksa Kapal

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …